Ikuti Kami di Google News

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya
Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, saat sesi foto bersama di sela-sela pelantikan. (Foto: Istimewa/malangNEWS).
MALANG NEWS – Usai menggelar acara khotmil Quran dan santunan kepada anak yatim-piatu dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya langsung melakukan pelantikan pengurus.


Kegiatan acara tersebut digelar di Resto Taman Indie, Araya, Kota Malang, pada Sabtu (13/2/2021) pagi.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelantikan pengurus PWI Malang Raya dilakukan dengan dua versi, secara daring dan luring.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Malang Raya Periode 2021-2024, Cahyono menyampaikan, kegiatan pelantikan pengurus ini seharusnya digelar pada 28 Januari 2021 silam. Namun, pengurus PWI bersama Kapolresta Malang Kota sepakat untuk menunda pelantikan.

“Dasar pertimbangannya, karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kerumunan Massa (PPKM) jilid kedua. Jadi sengaja kami undur. Karena kami menghormati jalannya PPKM. Untuk pelantikan ini, kami tetap menjalankan protokol kesehatan agar mencegah penularan Covid-19. Kegiatan pelantikan pun kami gelar di tempat terbuka,” kata Cahyono, usai pelantikan.

Pria yang juga sebagai jurnalis di Harian Bhirawa ini menjelaskan, meski saat Malang Raya masih menjalankan PPKM skala mikro, PWI Malang Raya tetap patuh dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Ya, tentunya kami tidak menginginkan acara pelantikan pengurus PWI Malang Raya ini menjadi penyebab cluster baru Covid-19,” tegasnya.

Apalagi, lanjut Cahyono, PWI Malang Raya telah memiliki beberapa program kerja seperti mengoptimalkan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI), yang kelak bisa meningkatkan profesionalitas wartawan di Malang Raya.

“Selanjutnya bisa mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). PWI Malang Raya juga memiliki Lembaga Pemberdayaan Wartawan (LPW), dan PWI Malang Rescue.
Jadi, program-program itu nantinya menjadi prioritas utama kami. Namun yang lebih utama dalam program kerja di tahun pertama adalah berupaya meningkatkan kesejahteraan bagi anggota PWI Malang Raya,” terangnya.

Untuk itu, tambah Cahyono, dirinya memohon dukungan dari berbagai lembaga. Baik lembaga pemerintahan maupun swasta untuk memberikan dukungan dan kerjasamanya.

“Agar PWI Malang Raya bisa menjalankan tugas dengan baik dan amanah dalam kepengurusan tiga tahun ke depan. Kami mohon dukungan dan kerjasamanya yang saat ini sudah baik untuk lebih baik lagi. Terima kasih kepada Yusuf Kepala Daerah dan Forkompinda se-Malang Raya yang telah memberikan dukungan moril maupun material. Terima kasih juga kepada pimpinan lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang selama ini sudah terjalin kerjasama dengan baik,” pungkasnya.

Sekadar informasi, dalam kegiatan pelantikan pengurus PWI Malang Raya periode 2021-2024 ini, juga dihadiri oleh Ketua PWI Jawa Timur dan juga pengurus.

Pewarta: Eko Sabdianto
Editor: Andi Rachmanto
Publisher: Edius

Share: