Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu menggelar kegiatan acara “Colour Fun Run 2024” bertema “Ran Over To Supervise 2024 Regional Election” yang mengusung pesan: No Money Politics, No Black Campaign, No Hoax, No Sara, pada Minggu (8/9/2024).

Kegiatan acara yang diadakan di Lapangan Gelora Bunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu ini sukses menarik lebih dari 1.500 peserta yang sebagian besar didominasi anak muda atau kaum millenial

Menurut Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto, kegiatan Colour Fun Run ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada serentak 2024, khususnya dari kalangan pemilih pemula dan milenial.

“Selain untuk memperkenalkan proses pemilu, kami ingin mendorong generasi muda untuk turut mengawasi pemilu secara aktif dan cerdas. Kami ingin mereka memilih berdasarkan visi dan misi calon kepala daerah, bukan karena politik uang,” ujar Supriyanto.

Menurutnya, kegiatan acara ini menyuguhkan berbagai hiburan, seperti Zumba, colour party, serta penampilan musik dari Eternal dan Tahu Brontak.

“Peserta juga disuguhi berbagai doorprize menarik setelah menempuh rute 5 kilometer yang melintasi kawasan Desa Sidomulyo dan Gunungsari,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, bahwa pemilihan acara lari warna (Color Run) dipilih khusus untuk menarik minat generasi muda.

“Anak-anak muda perlu kegiatan yang menyenangkan dan enerjik, itulah mengapa kami memilih format fun run di alam terbuka, agar mereka bisa lebih terlibat aktif dalam sosialisasi pemilu,” terangnya.

Supriyanto juga mengajak kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan pemilu, sesuai dengan moto Bawaslu yakni “Bersama rakyat, awasi pemilu, bersama Bawaslu, tegakkan keadilan pemilu.”

“Pesan ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara masyarakat dan lembaga pengawas dalam menciptakan pemilu yang jujur, adil, dan bersih,” paparnya.

Dengan antusiasme tinggi dari para peserta, masih kata Supriyanto, Colour Fun Run 2024 diharapkan menjadi langkah awal yang kuat dalam menggerakkan kesadaran generasi muda Kota Batu.

“Dimana salah satunya untuk turut serta mengawasi jalannya Pilkada serentak 2024 dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkasnya. (Nda)

Share: