Ikuti Kami di Google News

Caption : Penghargaan ATI Times Indonesia. (ist)
Penghargaan ATI Times Indonesia. (Had).
MALANG NEWS – Anugerah TIMES Indonesia (ATI) tahun 2020 ini telah memasuki tahun kedua. Tahun ini ATI 2020 mengangkat tema “Nasionalisme dan Kepedulian di Tengah Pandemi Covid-19”.


Koordinator ATI 2020, M. Irfan Ansori, mengatakan, tema ini, TIMES Indonesia ambil dengan dua alasan utama. Pertama, pandemi Covid yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu telah memberi dampak yang luar biasa bagi bangsa ini.

Sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan nasionalisme terdampak hebat oleh pandemi ini. Kedua, badai politik dari kelompok sektarian dan transnasional berupa intoleransi dan anti-keberagaman terus mengancam kebhinnekaan Kita.

’’Dampak yang demikian luar biasa ini lambat laut tetap mampu kita rekatkan dan kuatkan dengan semangat nasionalisme dan kepedulian. Sehingga masyarakat Indonesia tetap bisa berdiri tegak menghadapi badai Covid dan badai politik sektarian ini,’’ ujarnya, Rabu (23/12/2020).

Banyak tokoh yang punya semangat melakukan ini. Semuanya dilakukan agar NKRI tetap utuh dan kuat menghadapi berbagai cobaan dan ujian. Karenanya, ATI 2020 ini seperti biasa memberikan penghargaan rutin, plus penghargaan khusus berupa Greatest Honorary Award selain tiga penghargaan utama ATI.

Selain itu, ATI 2020 juga memberikan dan Special Achievement Award dan Indonesia’s Achievement Award dengan beberapa sub kategori. Semuanya diberikan kepada tokoh-tokoh nasional Indonesia yang dengan sukses menapaki masa pandemi Covid dengan tetap membakar nasionalisme dan kepedulian.

Tokoh-tokoh yang mendapatkan ATI 2020 ini telah melalui berbagai pertimbangan yang matang baik dari redaksi TIMES Indonesia dari biro-biro seluruh Indonesia. Juga melibatkan pandangan beberapa praktisi. Tiga penghargaan utama adalah Positive News Maker Figure 2020, Women of The Year 2020 dan Man of The Year 2020.

’’Selain tiga penghargaan itu, ada pula beberapa penghargaan yang lain. Seperti Special Achievement Award, Lifetime Achievement Award 2020, Indonesia’s Millennial Inspirational Figure 2020, Post Humous Award 2020 dan Indonesia’s Achievement Award 2020 untuk beberapa bidang,’’ tambah Irfan.

Berikut daftar penerima Anugerah TIMES Indonesia 2020 berdasarkan SK Anugerah TIMES Indonesia Nomor: 001/ATI-2020/TIN/XII/2020.

Greatest Honorary Award 2020:
Joko Widodo (Presiden RI).

Positive News Maker 2020:
Letjen TNI Doni Monardo (Kepala BNPB).

Women of The Year 2020:
Megawati Soekarnoputri (Presiden Ke-5 RI).

Man of The Year 2020:
Nadiem Makarim (Mendikbud).

Special Achievement Award 2020:
Habib Luthfi bin Yahya (Ulama/Tokoh Agama), Imam Shamsi Ali (Ulama/Presiden Nusantara Foundation).

Lifetime Achievement Award 2020:
Jenderal Pol Idham Aziz (Kapolri)

Indonesia’s Millennial Inspirational Figure 2020:
Yaqut Cholil Qoumas (Ketum PP GP Ansor),
Najwa Shihab (Founder Narasi TV).

Post Humous Award 2020:
Prof. Dr. H A. Malik Fadjar (Tokoh Pendidikan Islam), Didi Kempot (Seniman),
K.H Sholahudin Wahid (Ulama).

Indonesia’s Achievment Award 2020
Kategori Tokoh Perekat Nasionalisme dan Keberagaman:
Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR), Yenny Wahid (Wahid Institute), Teddy Sugianto (Ketum Perhimpunan Indonesia-Tionghoa Pusat), Hasan Mulachela (Ulama Solo).

Tokoh Pejuang UKM – UMKM:
Nanny Hadi Tjahjanto (Ketua Umum Dharma Pertiwi).

Institusi Pejuang Covid-19:
Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Mabes Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mabes Polri, Mabes TNI AD, Mabes TNI AL, Mabes TNI AU, Unair Surabaya, UB Malang, ITS Surabaya, Eijkman Institute Indonesia, Unpad Bandung, Satgas Peduli Covid PBNU, Muhammadiyah Covid Command Center.

Instansi Pemerintahan:
Wishnutama (Mantan Menparekraf), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Sri Mulyani (Menkeu), Syahrul Yasin Limpo (Mentan), Tito Karnavian (Mendagri), Moeldoko (Kepala KSP), Pratikno (Mensesneg).

Penjaga Stabilitas Informasi dan Anti Hoaks:
Mafindo, Google Indonesia, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Selama pandemi Covid, penghargaan Anugerah TIMES Indonesia atau ATI 2020 akan diberikan secara bertahap kepada para penerima. Sementara, untuk awarding-nya akan digelar pada Januari 2021.

“Selamat kepada penerima, inilah apresiasi TIMES Indonesia untuk bapak ibu semua,’’ ucap Khoirul Anwar, CEO TIMES Indonesia Network. (Had).

Share: