Ikuti Kami di Google News

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wagir, Kabupaten Malang memberikan bimbingan belajar gratis untuk pelajar SD dan SMP Se-Kecamatan Wagir.
PCPM Wagir, Kabupaten Malang memberikan bimbingan belajar gratis untuk pelajar SD dan SMP Se-Kecamatan Wagir. (Had).
MALANG NEWS – Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wagir, Kabupaten Malang memberikan bimbingan belajar gratis untuk pelajar SD dan SMP Se-Kecamatan Wagir. Terobosan ini dilakukan lantaran melihat potret pendidikan yang memprihatinkan di masa pandemi ini.


Saat ditanya mengenai latar belakang pendirian bimbel gratis tersebut, Founder Bimbel Nurbayu Indra Wijaya menjelaskan, bahwa pembelajaran daring dan kesulitan orang tua menjadi alasan yang kuat.

Rumah Belajar Gratis

Terkait itu semua anak-anak muda Muhammadiyah di Wagir berinisiatif membuat rumah belajar tanpa harus memungut biaya sepeser pun dari wali murid.

“Banyak anak yang kesulitan saat pembelajaran daring, hal ini dikarenakan keterbatasan sarana, mulai dari tidak punya gadget hingga mahalnya kuota internet. Apalagi ditambah kesulitan orang tua siswa lantaran harus mendampingi belajar setiap saat. Melalui pikiran sederhana itulah akhirnya Kami membentuk bimbel gratis yang kami beri nama AYO SINAU,” terangnya, Selasa (22/12/202).

Bayu mengatakan, bahwa saat ini telah berjalan empat rumah belajar di Desa Parangargo, Gondowangi, Sitirejo dan Sidorahayu yang diampu oleh 11 (sebelas) tutor.

“Alhamdulillah bimbel yang kami dirikan pada bulan November saat ini, sudah tersebar di empat desa dan didampingi oleh 11 (sebelas) tutor. Semoga ke depan terus istiqomah,” ujarnya.

Pemuda yang juga mahasiswa UMM tersebut memaparkan, bahwa bimbel gratis tersebut telah diikuti oleh enam puluh (60) siswa yang terdiri dari pelajar SD dan SMP.

“Saat ini kurang lebih ada 60 (enam puluh) siswa dari empat desa di Kecamatan Wagir yang kami berikan pendampingan belajar,” paparnya.

Sejauh ini Bimbel AYO SINAU telah berjalan selama satu bulan. Berbagai upaya terus dilakukan mulai dari pengembangan kurikulum, hingga menggandeng beberapa lembaga zakat di Malang turut berdonasi guna dapat menunjang transport para tutor bimbel tersebut.

Wati selaku Wali murid dari Bayu Anggoro asal Dusun Wiloso Desa Gondowangi merasa sangat terbantu dengan adanya bimbel gratis tersebut.

“Saya sangat bersyukur ada anak-anak muda yang dermawan dan peduli dengan pendidikan. Biasanya saya sebagai orang tua harus bersusah payah membantu mengerjakan tugas anak saya, tentunya dengan adanya bimbel gratis ini sangat bermanfaat bagi anak-anak khususnya para orang tua,” ungkapnya.

Camat Mendukung

Camat Wagir Hendra Cahyono turut mengapresiasi atas kepedulian Pemuda Muhammadiyah Wagir dalam sektor Pendidikan khususnya bagi anak-anak usia sekolah di Kecamatan Wagir.

“Tentunya saya sangat apresiatif dan berterima kasih kepada Pemuda Muhammadiyah Wagir, upaya ini merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi dalam mencerdaskan anak-anak terutama di Kecamatan Wagir yakni peningkatan kualitas SDM pada umumnya. Apalagi menurutnya, situasi Covid-19 ini sangat berdampak luar biasa, salah satunya pada dunia pendidikan,” terangnya.

Ia menjelaskan, situasi pandemi Covid-19 saat ini membawa banyak dampak pada kehidupan masyarakat termasuk termasuk di dunia pendidikan yang harus dibatasi untuk belajar dan mengajar secara tatap muka dan umumnya dilakukan secara daring. Oleh karena itu dengan program bimbel gratis ini diharapkan bisa menjadi bagian solusi dalam meningkatkan pendidikan di masyarakat Wagir.

Hendra berharap, semoga program bimbel ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas di Kecamatan Wagir serta dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga bimbel ini memberi manfaat luas bagi masyarakat Wagir dan saya berpesan agar pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan bagi proses belajar dan mengajarnya, yaitu menerapkan 3 M. Menjaga jarak, memakai masker dan senantiasa mencuci tangan dengan sabun,” pungkas Hendra. (Had).

Share: