by

Polresta Malang Kota Berhasil Menyabet Penghargaan dari Menpan RB dan Kapolri

JAKARTA, MALANG NEWS – Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si kembali berhasil menorehkan prestasi nasional dalam hal Kinerja Pelayanan Publik Lingkup Polri 2021.

Pasalnya, Polresta Malang Kota merupakan salah satu Polresta dengan predikat terbaik Polres di Indonesia dalam hal pelayanan publik.

Pada Kamis siang (10/3/2022) bertempat di Gedung Bareskrim Polri Jakarta Selatan, Kombes Pol. Budi Hermanto S.I.K., M.Si. menghadiri undangan dari Kemenpan RB dan Kapolri, untuk menerima penghargaan tersebut yang di berikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara/ Reformasi dan Birokrasi, Tjahjo Kumolo dan disaksikan oleh Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Berdasarkan Pasal 7 ayat (3) huruf C Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Pada tahun 2021 telah melakukan evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik tertentu pada 310 PoIres lingkup Kepolisian Republik Indonesia.

Dari ratusan Polres lingkup Kepolisian yang dievaluasi, hanya 27 lingkup Kepolisian yang berhasil mendapat nilai evaluasi terbaik dari Menteri Tjahjo Kumolo.

Polresta Malang Kota menjadi salah satu lingkup Kepolisian yang berhasil menyabet penghargaan dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Pelayanan Prima 2021.

Dalam kesempatan tersebut, para Kapolres dan jajarannya mendapatkan arahan dari Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro yang menerima penghargaan. Penghargaan seperti ini tidak datang dengan sendirinya, tetapi dibaliknya ada kerja keras, keberanian dan ketulusan yang mendahuluinya,” pesan Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres berharap, ke depannya Polri selalu meningkatkan kualitas SDM dan literasi digital, agar terbentuk kualitas Polri yang semakin professional, kompeten dan berkaraker. Pemanfaatan moderenisasi teknologi juga sangat penting sebagai upaya meningkatkan hukum yang tegas, adil, dan humanis sebagai bagian dari pelayanan publik.

Atas penghargaan Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik pada tahun 2021 dari Menpan RB Dan Kapolri tersebut, Kombes Buher menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih serta apresiasinya kepada seluruh jajaran Polresta Malang Kota, Forkopimda dan Masyarakat Kota Malang atas kerjasamanya dalam hal memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kota Malang secara optimal.

“Penghargaan dan apresiasi ini adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan loyalitas jajaran anggota Polresta Malang Kota dalam hal memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Malang, serta prestasi ini tentunya kami jadikan sebagai salah satu motivasi kami untuk bisa terus senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Sekali lagi saya ucapkan selamat untuk seluruh anggota Polresta Malang Kota,” tutup Kombes Pol. Buher.

Perlu diketahui, salah satu inovasi unggulan Polresta Malang Kota dalam memberikan pelayanan publik yang optimal yaitu dengan pemanfaatan digitalisasi komunikasi dengan pemanfaatan aplikasi Jogo Malang.

Sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan aneka layanan kepolisian, penanganan Covid-19, termasuk informasi seputar pariwisata, layanan kesehatan dan pendidikan di Kota Malang. (And)

Bagikan Tautan

News Feed