Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, Polres Batu menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir, yang berlokasi di depan Pos Polisi Alun-alun, Jalan Gajahmada, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Minggu (16/6/2024).

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh PJU, Perwira, Danramil se-Kota Batu, Forkopimda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Guna untuk memastikan keamanan pada saat malam takbir, Polres Batu mengerahkan personilnya dan bersinergi dengan instansi terkait untuk melaksanakan pengamanan.

Dalam sambutannya Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza, S.H., M.H memberikan beberapa penekanannya.

“Pada sore ini kita akan melaksanakan pengamanan malam takbir, dan dilanjutkan dengan pengamanan Salat Ied pada besok hari, agar umat muslim dapat merayakan hari Raya Idul Adha dengan aman dan nyaman,” terang Kompol Jeni Al Jauza.

Menurutnya, malam takbir bertepatan dengan weekend pihaknya memastikan arus lalu lintas tetap lancar dan meningkatkan kegiatan preventif seperti patroli sambang dialogis ke beberapa objek vital dan pemukiman penduduk.

“Kita juga harus tetap waspada terhadap ancaman terorisme pada saat memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H ini, untuk itu saya berharap sinergitas TNI, Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, tokoh agama serta tokoh masyarakat, agar tetap terjalin dengan baik dan tetap solid saling berkoordinasi menjaga keamanan dan ketertiban Kota Wisata Batu ini,” tegas Kompol Jeni Al Jauza.

Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza, S.H., M.H memaparkan, bahwa dalam pengamanan tersebut, mengoptimalkan PAM OBVITNAS dan tempat lain yang mempunyai peran penting, seperti menyiapkan jalur-jalur alternatif, mengamankan masjid yang melaksanakan salat ied dan pembagian daging kurban, dan menyiagakan personil berikut sarana dan prasarana untuk mengantisipasi siaga bencana.

“Tentunya wujud sinergitas bukan hanya antara TNI-Polri saja, namun juga semua instansi dan bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing. Selain itu, kita juga harus siap baik secara fisik, peralatan sarana dan prasarana, karena saat ini musim sudah tidak menentu terkadang panas terkadang hujan, dan wilayah Kota Batu banyak memiliki lokasi yang rawan bencana longsor, oleh karena itu kita harus terus berkoordinasi dengan BPBD, BMKG, dan pihak terkait lainnya dalam upaya mengantisipasi dan mewaspadai potensi bencana alam,” terang Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza.

Orang nomor dua di jajaran Polres Batu ini juga menambahkan, antisipasi lainnya yang perlu juga diperhatikan adalah curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal dan hipnotis.

“Ya, selain itu juga memastikan Kamseltibcar Lantas serta di lokasi wisata agar dan aman terkendali, meningkatkan kegiatan preventif berupa patroli, sambang di lokasi pusat kegiatan masyarakat seperti pasar, pemukiman penduduk dan lainnya,” pungkas Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza. (Nda)

Share: