Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Pemkot Batu berhasil meraih penghargaan Peringkat 1 Nasional Penerapan Pemanfaatan Data Sistem & Cat (Kota tipe sedang) dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI dalam kegiatan acara BKN Award 2023, yang berlangsung di Hotel Bumi, Surabaya, pada Kamis (8/6/2023).

Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana, menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Pj. Wakota Batu Aries Agung Paewei.

Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewei usai menerima BKN Award mengungkapkan apresiasinya, atas apa yang telah dilakukan BKPSDM Kota Batu mampu memanfaatkan sistem yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk memberikan pelayanan kepegawaian seluruh ASN Pemerintah Kota Batu secara maksimal.

”Saya memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan BKPSDM dengan memanfaatkan sistem yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara, untuk memberikan pelayanan kepegawaian kepada seluruh ASN Pemerintah Kota Batu dengan maksimal. Langkah ini tepat untuk mendukung percepatan reformasi Birokrasi Tematik,” ungkap Aries.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si menyebutkan, bahwa penghargaan ini merupakan bentuk upaya yang nyata, guna mewujudkan manajemen kepegawaian yang kompeten sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

“Sehingga mampu memberikan performa terbaik untuk melayani masyarakat. Selamat semuanya dan teruslah memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Khofifah.

Dirinya menambahkan, hal ini menjadi capaian yang patut disyukuri mengingat penghargaan yang diperoleh Jawa Timur terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2021, total penghargaan BKN Award yang diterima Pemprov dan Pemkab atau Pemkot se-Jawa Timur hanya sebanyak 11 penghargaan, dan pada 2022 meningkat menjadi 32 penghargaan.

“Jadi dengan Pemprov yang meraih 5 penghargaan dan 34 penghargaan untuk kabupaten atau kota, ini hasil yang sangat membanggakan. Karena ini bukti bahwa kami terus berusaha meningkatkan manajeman ASN setiap tahunnya,” imbuh Khofifah.

Menurut, dibutuhkan pengelolaan manajemen pegawai sesuai kualifikasi dan kompetensinya, sehingga, pelayanan masyarakat dapat terus ditingkatkan melalui berbagai cara, seperti rotasi maupun mutasi pegawai.

“Total pegawai di Pemprov Jatim saat ini sekitar 80 ribu orang. Setiap bulan ada yang pensiun, ada yang promosi dan naik pangkat sehingga kondisi kepegawaian itu menjadi sangat dinamis. Maka kami senantiasa mengusahakan pengelolaan manajemen ASN yang tepat, demi terwujudnya reformasi birokrasi tematik berdampak bagi masyarakat,” tandas Khofifah.

Sebagai informasi, BKN Award 2023 ada 5 katagori penghargaan yang diberikan yakni Implementasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Manajemen ASN, Pengembangan Kompetensi, Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT, Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Pegawai, serta Katagori Implementasi Manajemen Kinerja ASN.

Dengan rincian, 5 penghargaan diberikan kepada Pemprov Jatim untuk semua katagori dan pemerintah kabupaten atau kota se-Jawa Timur juga meraih 34 penghargaan dari berbagai katagori, yang tersebar di 16 kabupaten atau kota.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur sukses memborong 39 penghargaan untuk semua katagori dalam BKN Award 2023 ini.

Di sisi lain, saat ini jumlah pegawai Pemkot Batu 3.048 karyawan terdiri dari ASN dan pegawai dengan Perjanjian Kerja (P3K), serta 3.000 pegawai honorer yang tersebar di 40 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). (Dec)

Share: