Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T didampingi Kasat Binmas Polres Batu Iptu Dwi Jatmiko, Kapolsek Junrejo Iptu Anton Hendry Subagijo dan Bhabinkamtibmas Polsek Junrejo Aipda Arif M.A menggelar kegiata acara Komunikasi Anda dengan Kami (KANDANI).

Giat acara tersebut bertempat di Kafe Kopi Pemain Lama, Jalan Tarimin Bawah, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Jumat (30/9/2022) malam.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T menyampaikan, bahwa KANDANI merupakan program dari Kapolda Jatim.

“Ya, melalui KANDANI ini kami berkomunikasi dengan masyarakat maupun seluruh elemen masyarakat, termasuk juga Perguruan Pencak Silat yang ada di wilayah Kota Batu,” tutur AKBP Oskar sapaan akrabnya kepada wartawan.

Alumni AKPOL 2003 ini menjelaskan, untuk saat ini pihaknya melaksanakan program KANDANI bersama seluruh Perguruan Pencak Silat yang ada diwilayah Batu.

“Maksud dan tujuannya untuk mempersatukan serta menjalin tali silaturahim. Kita bisa berkomunikasi terkait dengan situasi Kamtibmas, kita berkolaborasi dengan lembaga yang menaungi Perguruan Pencak Silat seperti IPSI dan juga bisa dengan dinas terkait,” ujarnya.

Menurutnya, disinilah seluruh elemen masyarakat bisa berdialog dan berdiskusi secara bersama.

“Karena dengan KANDANI ini bisa tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif, karena beberapa daerah kerawanan konflik antar perguruan cukup tinggi,” tukas dia.

Namun, masih kata AKBP Oskar, pihaknya bisa memberikan kontribusi yang positif melalui KANDANI tersebut.

“Kita bisa meminimalisir khususnya di Kota Batu. Paling tidak kondusifitas khususnya antar Perguruan Pencak Silat di Kota Batu ini bisa kita guyub kan, sehingga tidak ada konflik antar Perguruan Pencak Silat yang ada di Kota Batu,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat dan waktu yang sama, Drs. Suyono selaku Ketua Umum Persaudaraan Setia Hati Teratai Pusat menyampaikan, jika banyak konflik yang terjadi antar Perguruan Pencak Silat di daerah-daerah.

“Dengan adanya giat ini Bapak Kapolres Batu merangkul semua Perguruan Pencak Silat, tentunya dengan berkomitmen, yaitu setiap bulannya ada komunikasi ngopi bareng, intinya disitu adalah untuk membangun lahir dan batin supaya yang tidak tau jadi tau yang tidak mengerti jadi mengerti, hingga nantinya tidak akan terjadi konflik diantara sesama Perguruan Pencak Silat,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan aacara tersebut berlangsung lancar, aman dan tetap mengedepankan protokol kesehatan sehingga menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

Bukan hanya antar Perguruan Pencak Silat saja, namun juga pada kegiatan tersebut lebih mencakup kepada seluruh elemen masyarakat di wilayah hukum Polres Batu. (Yan)

Share: