by

Idul Adha 1443 H, SPI Kota Batu Sembelih Kambing Dibagikan Kepada Siswa dan Guru

MALANG NEWS – Penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah tidak hanya dilakukan setelah salat Idul Adha pada Minggu (10/7/2022) saja, namun di beberapa lembaga sekolah di Kota Batu juga melakukan pembagian hewan kurban pada Senin (11/10/2022), diantaranya SMA SPI Kota Batu.

Kepala SMA SPI Risna Amalia menjelaskan, bahwa penyembelihan dan pembagian daging hewan sengaja dilakukan Senin (11/7/2022).

“Ya, karena saat Hari Raya Idul Adha tahun ini kami memberi kesempatan kepada anak didik untuk salat Idul Adha bersama. Pada pelaksanaan kurban ini, panitia baik guru dan perwakilan siswa bisa fokus dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah,” terangnya kepada awak media.

Risna juga menyebutkan, jika di lembaga sekolahnya yang berada di Jalan Raya Pandanrejo No.2, Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menyembelih hewan kurban kambing.

“Itu untuk sebanyak 60 persen siswa dan siswi di SPI yang beragama Islam. Kami berharap, melalui kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran bagi anak didik SPI seperti dalam tauziah yang disampaikan guru agama Islam di sekolah SPI terkait hikmah berkurban,” paparnya.

Risna menambahkan, kurban bagi umat Islam adalah ungkapan terimakasih kepada Allah SWT atas limpahan rezeki dengan cara berbagi makanan berharga kepada mereka yang tidak mampu.

“Sejatinya, berkurban bukan hanya seremonial belaka untuk menjaga tradisi, melainkan tersimpan makna mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain menaati perintah Allah SWT, kurban Idul Adha juga sebagai ajang berbagi daging kepada fakir miskin yang membutuhkan,” bebernya.

Penyembelihan kurban lanjut Risna, menurut ajaran Islam adalah untuk memadamkan ego dan keinginan pribadi kepada Allah SWT.

“Maka dari itu, SPI sengaja melaksanakan kurban pada hari Senin, karena hari Minggu cukup banyak kegiatan dan siswa serta mahasiswa bisa fokus mengikuti salat Idul Adha,” tukas dia.

Untuk itu, masih kata Risna, pihak sekolah menyiasatinya dengan tidak melakukan pada hari H. Dan penyembelian kambing dan dagingnya dibagi dengan sasaran penerima anak didiknya yang ada di asrama dan para guru.

“Kami berpesan, karena yang disembelih hewan, diharapkan anak didik di SPI bisa menghilangkan nafsu hewan, sehingga menjadi anak yang berakhlak mulia,” pungkasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed