by

Cegah Wabah PMK, Polres Batu Melalui Bhabinkamtibmas Ikut Awasi Peternakan

MALANG NEWS – Kepolisian Resort Batu bersinergi dengan instansi terkait untuk turut serta melakukan pengawasan, guna mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Pengawasan terhadap hewan ternak yang keluar maupun yang masuk ke wilayah hukum Polres Batu dimaksudkan, untuk mencegah penyebaran wabah PMK yang tengah merebak dewasa ini.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Sumberejo Kecamatan Batu, Aipda Ivan Hariono yang selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan Babinsa dan Dinas Peternakan dan kesehatan hewan Pemerintah Kota Batu serta stakeholder terkait, yang secara proaktif selalu memberikan himbauan dan pemahaman tentang PMK kepada para peternak, pada Selasa (17/5/2022).

Dihubungi secara terpisah, Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, S.I.K., M.Si menjelaskan, bahwa Polres Batu proaktif turut serta melakukan pencegahan PMK pada hewan ternak yang berada di wilayah hukum Polres Batu.

“Kami terjunkan para Bhabinkamtibmas yang ada di desa dan Kelurahan, untuk melakukan pengecekan dan koordinasi terkait dengan kegiatan pengawasan peternakan,” ungkap AKBP Yogi kepada awak media.

Orang nomor satu di jajaran Polres Batu ini juga menambahkan, jika pihaknya melakukan pengecekan pada jalur lalu lintas hewan ternak yang keluar maupun masuk di wilayah hukum Polres Batu.

“Ya, meskipun secara teori yang diungkapkan oleh para pakar-pakar bahwa PMK ini tidak menular kepada manusia, kami juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi dan tetap menjaga kebersihan lingkungan, serta kesehatan,” pungkas AKBP Yogi. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed