by

Kota Batu Diterjang Banjir Bandang, Akibatkan Rumah Roboh dan Tanah Longsor

MALANG NEWS – Intensitas curah hujan pada November 2021 yang cukup tinggi, menyebabkan lima titik lokasi di Kota Batu tergenang banjir bandang. Sampai dengan saat ini masih dilakukan penanganan dan evakuasi bagi korban terdampak.

Seperti yang terjadi di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang mengakibatkan beberapa rumah warga rusak akibat terjangan air hujan yang cukup deras, pada Kamis (4/11/2021).

Diperkirakan terjadinya musibah banjir bandang, akibat curah hujan yang cukup tinggi itu pukul 14.00 WIB. Derasnya air hujan menyisakan material lumpur, bebatuan, kayu dan juga menerjang beberapa rumah warga setempat.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pemerintah Kota Batu, Achmad Choirur Rochim menyampaikan, bahwa saat ini tim dari Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) BPBD Pemkot Batu, sedang berada di lokasi untuk membantu para korban banjir, yang juga sekaligus melakukan pendataan.

“Ya, saat ini BPBD Pemkot Batu bersama para relawan sedang melakukan penyelamatan kepada para korban banjir. Kami juga membersihkan sisa-sisa material dengan mendatangkan alat berat berupa esvakator, itu sebagai sarana dalam mempermudah pembersihan usai banjir,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, jika saat ini pihaknya juga tengah berusaha keras menyelamatkan beberapa warga korban banjir, serta rumah tempat tinggal mereka yang turut diterjang banjir bandang.

“Sebagian warga disini korban banjir juga mengalami luka-luka. Selain itu, beberapa rumah disini juga terdampak. Kami bersama tim gabungan dan relawan saat ini juga masih melakukan evakuasi warga ke lokasi yang aman,” imbuhnya.

Pihaknya lanjut dia, juga mengimbau kepada warga masyarakat yang terdampak, agar selalu waspada karena akhir-akhir ini Kota Batu selalu diguyur hujan lebat.

“Kami berusaha mengingatkan dan berpesan kepada warga masyarakat disini, untuk selalu waspada karena hujan yang deras berpotensi terjadinya tanah longsor dan banjir bandang,” pungkasnya.

Pantauan awak media di lapangan, banjir bandang tidak hanya menimbulkan korban luka-luka, namun juga mengakibatkan beberapa rumah roboh dan mobil-mobil yang terparkir di pinggir jalan juga ikut terseret derasnya air hujan.

Pun demikian juga dengan warga di lokasi, mereka tampak bahu-membahu secara bersama-sama membersihkan rumah mereka dari sisa-sisa material lumpur akibat banjir bandang tersebut.

Sekadar diketahui, berdasarkan informasi yang di himpun dari Pusdalops PB BPBD Pemkot Batu, dari ke lima titik lokasi banjir bandang itu diantaranya meliputi Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Kemudian juga terjadi di Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Selanjutnya, di Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Selain itu juga di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dan di Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed