by

Apel Siaga Darurat Bencana, Dewanti: Sinergitas dan Kerjasama Bagi Semua Pihak

MALANG NEWS – Dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam tahun 2021, Pemerintah Kota Batu menggelar Apel Siaga Darurat Bencana di lapangan Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada Rabu (27/10/2021).

Apel tersebut dipimpin langsung Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M. Si yang didampingi Ketua DPRD Asmadi, SP, Pabung Kodim 0818 Malang-Batu Kapten Czi Widagdo, Waka Polres Batu Kompol Suharsono, Kajari Batu Dr. Supriyanto, S.H., M. H beserta OPD terkait. 

Budhe, sapaan akrab Wali Kota Batu menyampaikan, semua instansi wajib untuk menyiapkan sumber daya, kendaraan dan sarana maupun prasarana pendukung guna mencegah dan menangani bencana alam.

“Semua pihak harus saling bekerjasama dan bersinergi, serta bersiap sedia dalam mengantisipasi kontijensi bencana alam di Kota Batu,” tutur Dewanti. 

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, bahwa seluruh Instansi terkait harus sudah membangun sinergitas dalam menyiapkan segala sesuatu, terkait dengan kemungkinan bencana alam yang disebabkan puncak hujan di November sampai dengan Februari 2022.

“Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, prediksi puncak hujan pada November sampai dengan Februari 2022. Untuk mengantisipasi bencana alam di Kota Batu, kita semua harus siap siaga apabila terjadi bencana alam di Kota Batu,” terang dia. 

Tak lupa menantu almarhum Ebes Soegiyono ini juga mengingatkan, kepada Kepala SKPD khususnya BPBD Kota Batu yang mana sudah mendapatkan pelatihan siaga bencana, untuk dapat tanggap dan siaga jika terjadi bencana alam sewaktu-waktu. 

“Siapkan relawannya untuk penanggulangan bencana alam di Kota Batu pada lokasi rawan bencana seperti tanah longsor, banjir dan pohon tumbang, karena itu merupakan tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, Apel Siaga Darurat Bencana ini diikuti pasukan sebanyak 250 personel yang terdiri dari anggota TNI/Polri, BPBD dan Dinkes Pemkot Batu serta kendaraan dinas dilengkapi dengan peralatan yang digunakan untuk penanganan bencana alam. 

Diantaranya adalah kendaraan ambulance, truk evakuasi korban, kendaraan Covid hunter, genset darurat, tenda darurat BPBD dan Dinsos Pemkot Batu serta dapur umum lengkap. (Yan

Bagikan Tautan

News Feed