by

Kapolresta Malang Kota, Ikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanganan Bencana Alam

MALANG NEWS – Dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam, Forkopimda Kota Malang bersama Pemerintah Kota Malang, TNI-Polri, SAR Kota Malang, dan instansi terkait menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanganan Bencana Alam 2021.

Kegiatan acara Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanganan Bencana Alam tersebut, digelar di Balaikota Malang, pada Senin (25/10/2021).

Wali Kota Malang Drs. Sutiaji sebagai Pemimpin Apel memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih, kepada semua pihak yang telah hadir dan serta turut berkontribusi dalam mengantisipasi bencana alam di Kota Malang.

“Apel Gelar Pasukan, merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam rangka mengantisipasi bencana alam di Kota Malang yang dapat terjadi kapan saja,” kata Sutiaji dalam sambutannya.

Menurutnya, sebagai gerak langkah kontinjensi bencana untuk menyusun skenario penanganan darurat, manakala ketika terjadi bencana berdasarkan kajian teknis dari yang berwenang.

“Ya, dengan tujuan agar sarana prasarana instansi vital serta kegiatan sosial ekonomi masyarakat segera berfungsi,” tuturnya.

Dalam penanganan bencana alam, lanjut Sutiaji, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dan harus melibatkan unsur terkait, serta seluruh masyarakat.

“Oleh karena itu, sangat diperlukan partisipasi bagi semua pihak dan stake holder yang saling bersinergi dalam mengantisipasi, serta dalam menghadapi penanganan bencana alam,” tukas dia.

Dalam menangani bencana alam, masih kata Sutiaji, harus dilakukan pengecekan secara intens dan berkala terhadap seluruh peralatan SAR yang dimiliki oleh masing-masing instansi.

“Tujuannya agar peralatan tersebut siap pakai pada saat dibutuhkan. Kita sebagai manusia tetap berusaha, tetapi Tuhan lah yang menentukan semuanya. Untuk itu saya mengingatkan kepada kita semua untuk tidak henti-hentinya mengangkat doa, sesuai dengan kepercayaan kita masing-masing,” paparnya.

Sutiaji juga berharap, semoga apa yang dilaksanakan ini selalu mendapat pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Agar Kota Malang yang kita cinta ini dijauhkan dari musibah bencana alam maupun non alam,” harap dia.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si mengaku siap untuk membantu pengamanan, serta selalu siaga dalam menghadapi bencana alam di Kota Malang.

“Pada dasarnya kami (Polri) selalu siap jika diperlukan untuk membantu. Kita semua pasti tidak mau terjadi bencana, tapi yang namanya bencana datangnya tidak terduga bisa sewaktu-waktu. Maka dari itu penting sekali adanya peringatan dini serta kesiapan kita semua dalam menghadapi dan menanggulangi bencana,” ujar Buher sapaan akrabnya.

Alumnus AKPOL 2000 ini menghimbau, agar semua elemen masyarakat tetap kompak, gotong royong serta bahu membahu dalam bersama-sama mengatasi bencana alam.

“Kalau semuanya sudah siap, kompak dan bahu membahu dalam menanggulangi bencana, pastinya penanganan bencana alam tersebut bisa lebih cepat dan bisa mengurangi resiko akan jatuhnya korban jiwa,” tandasnya.

Usai Apel, Kapolresta Malang Kota bersama Forkopimda Kota Malang lainnya ikut menonton simulasi peragaan penanganan bencana alam oleh Tim SAR, kemudian melakukan pengecekan alat bantu penanganan bencana alam, Ranmor dan dapur umum. (And)

Bagikan Tautan

News Feed