Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Dalam rangka mempermudah masyarakat untuk mendapatkan vaksin, Polresta Malang Kota menggelar kegiatan Vaksinasi Drive Thru, dengan sasaran para pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, pada Rabu (13/10/2021).

Pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru tersebut, berlangsung di depan halaman Stadion Gajayana, Kota Malang, yang dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 siang.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si saat meninjau pelaksanaan vaksinasi menjelaskan, bahwa pelayanan Mobil Vaksinasi Drive Thru, bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapat pelayanan vaksinasi secara mudah dan cepat.

“Saat mengantri untuk mendapatkan vaksinasi, masyarakat bisa lebih mudah dan rileks karena dapat dilakukan di dalam mobil atau motor. Jadi, cukup mudah dan simple,” terang Buher sapaan akrabnya.

Mantan Kapolres Batu ini menambahkan, pada pelaksanaan layanan vaksinasi, yang dimulai dari input data, screning, penyuntikan vaksin, hingga observasi, semuanya petugas akan menghampiri kendaraan para peserta vaksinasi.

“Ya, jadi pengendara peserta vaksin tidak perlu repot turun dari kendaraannya, karena petugas yang akan menghampiri dan melakukan penyuntikan vaksinasi,” imbuh dia.

Alumnus AKPOL 2000 ini juga mengungkapkan, untuk hari ini tidak ditemukan NIK ganda, namun akan tetapi ada NIK peserta vaksin yang tidak terdaftar.

“Berkaitan dengan itu, kami tetap akan melakukan vaksin dan memberikan surat keterangan. Untuk masalah NIK, kami akan telusuri dengan Dispendukcapil Kota Malang,” ujarnya.

Vaksin yang disediakan, lanjut Buher, terdapat 60 dosis, jika mungkin ada penambahan masyarakat yang datang on the spot, maka pihaknya akan menambah lagi 20 hingga 30 dosis.

“Masyarakat bisa langsung mendaftar on the spot atau mendaftar melalui WhatsApp SIMPATI Makota, di nomor 08111272000 dengan syarat mempersiapkan foto copy KTP atau KK, dan kartu identitas lainnya,” tukas dia.

Buher menguraikan, jika agenda vaksinasi Polresta Malang Kota selanjutnya dilaksanakan di Masjid Agung Jami Alun-alun, Jalan Merdeka Barat dosis kedua, dengan target dan antisipasinya 1.200 dosis, pada Kamis (14/10/2021) besok

“Selain itu juga di Cafe Coboy, Jalan Mayjend Panjaitan. Kami menyediakan 250 dosis vaksin pada Jumat (15/10/2021) besok lusa. Vaksinasi secara door to door, Polresta Malang Kota juga akan menyasar kepada para lansia-lansia, itupun sudah kami sampaikan ke para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas, untuk bekerjasama dengan Babinsa dan dari Dinkes untuk penyiapan lokasi tempat vaksin yang representatif,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta vaksin, Revankan (15) Siswi SMAN 07 Kota Malang yang beberapa saat yang lalu gagal mendapatkan vaksinasi dikarenakan NIK ganda, hari ini merasa gembira sebab sudah mendapatkan vaksin dari Polresta Malang Kota.

“Saya gagal divaksin, karena NIK saya ada yang telah menggunakan vaksin di Pancoran Jakarta Selatan. Lalu kemarin, Polresta Malang Kota mengurus dan NIK-nya sama. Terus orangnya yang di Jakarta mau datang mengurus kesini (Malang Kota-red),” ucap dia.

Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolresta Malang Kota yang sudah peduli dengan membantu pengurusan NIK hingga ke Dispendukcapil.

“Saya datang kesini lagi karena mendapat pemberitahuan dari Polresta Malang Kota untuk vaksinasi, selanjutnya saya juga dapat surat keterangan sudah vaksin. Terimakasih Bapak Kapolresta Malang Kota yang telah membantu, akhirnya saya bisa ikut vaksin,” tandasnya. (And)

Share: