by

Hadir di Kota Batu, Komunitas Sahabat UMKM Siap Berdayakan Masyarakat

MALANG NEWS – Kegiatan acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Koperasi Produsen Anugerah D’Miya Kota Batu, sekaligus Peresmian Komunitas Sahabat UMKM berlangsung meriah.

Selain para anggota yang tergabung dalam Koperasi Produsen Anugerah D’Miya Batu, sejumlah pejabat Pemerintah Kota Batu, CEO Kulo (Kurir Lokal), Ketua Forum IKM  dan anggota DPRD Kota Batu juga turut hadir dalam giat tersebut, pada Minggu (26/9/2021).

Acara berlangsung secara tertib dan mentaati protokol kesehatan dengan ketat. Kegiatan tersebut digelar di halaman Balai Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Acara dibuka dengan sambutan dari Primiya Novianti, selaku pembina Koperasi Produsen Anugerah D’Miya Batu menjelaskan, bahwa dalam acara ini diresmikan dua komunitas baru.

“Yaitu Komunitas Ajang Ombo dan Sahabat UMKM. Kedua komunitas ini bertujuan untuk mewadahi semua produk-produk UMKM di Kota Batu lalu kemudian memasarkannya,” kata Mia sapaan akrabnya.

Ditempat yang sama, perwakilan dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Pemerintah Kota Batu, Gatot Suwondo, SE menerangkan, perkembangan UMKM merupakan prioritas utama untuk memajukan ekonomi di Kota Batu.

“Diskumdag akan memberikan dukungan sepenuhnya, mulai dari menghubungkan dengan Hotel Bintang 4 dan 5, agar dapat menyajikan display produk UMKM Kota Batu hingga pembinaan nantinya,” ujar Gatot.

Sementara itu, CEO Kulo, Edo Rabmadhani Murdyan Kusumobroto menyampaikan, dengan hadirnya Komunitas Sahabat UMKM diharapkan, dapat menjadi tempat berkumpul dan sharing tentang scale up dan fasilitas dari Pemerintah Kota Batu yang jarang tersentuh.

“Sebagai contoh, kami menjadi jembatan promosi UMKM melalui Story Instagram dan ikut dibantu juga oleh Ibu Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si,” ungkap Edo.

Ditambahkan dia, saat ini juga ada Organisasi UMKM lain di Kota Batu, yaitu Forum IKM Batu.

“Kami berharap, ke depan dapat berkolaborasi dan bekerjasama untuk kesejahteraan bagi para anggota, terutama di sektor Industri, Ekraf dan UMKM,” tukas dia.

Tetpisah, Ketua Sahabat UMKM Kota Batu, Kusuma Intan mengungkapkan, berawal dari event Kulo (Kurir Lokal) tentang scale up usaha, kemudian berkumpul dan difasilitasi oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, SP dan Hj. Dewi Kartika, ST anggota DPRD Kota Batu dari Komisi A.

“Ya, waktu itu bertempat di Omah Punjer.
Kami berharap, para pelaku UMKM usaha kuliner, jasa, fashion, produksi di Kota Batu saat ini sudah beranggota 43 orang, yang belum mendapat pelatihan maupun pengembagan usaha, dapat bergabung bersama kami,” paparnya.

Selain pelatihan dan pengembangan usaha, pihaknya juga berencana bakal membuat kampung produk dengan pilot project di beberapa desa di Kota Batu.

“Planning ke depan kami merencanakan itu ke beberapa desa-desa se Kota Batu, agar para pelaku UMKM dapat terbantukan dalam memasarkan produknya, serta memberdayakannya,” tandas dia. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed