by

Bentuk Bakohumas, Polres Batu Sinergi Dengan KPU Sepakat Tangkal Informasi “HOAX”

MALANG NEWS – KPU Kota Batu mulai bergerak cepat dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkada yang bakal dilaksanakan pada 2024 mendatang. Salah satunya dengan mengandeng beberapa Instansi. Hal itu dilakukan untuk ikut menciptakan situasi kondusif di Kota Batu salah satunya adalah Polres Batu.

Seperti pada Kamis 26 Agustus 2021, Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo , SIK., MH memenuhi undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, untuk menanda tangani perjanjian kerjasama pembentukan Badan Koordinasi dan Kehumasan (Bakohumas).

Pembentukan Bakohumas sendiri, sebelumnya telah dilaksanakan melalui rapat koordinasi awal di KPU Batu pada 20 Mei 2021 silam, dan akhirnya dibentuk WAG sebagai wadah untuk saling bertukar Informasi yang diikuti beberapa organisasi kemasyarakatan, antara lain organisasi radio amatir Rapi Brantas, organisasi wartawan PWI dan AJI, Humas Polres Batu serta Bawaslu.

Dalam Sambutanya, Ketua KPU Kota Batu Mardiono, S.H.I menyampaikan, bahwa pada dasarnya pembentukan Bakohumas ini untuk meningkatkan peranan dan fungsi koordinasi kehumasan lembaga, yang salah satu kegiatanya adalah saling bertukar informasi yang penting dan juga salah satu forum untuk menangkal berita maupun informasi Hoax.

“Kita berkumpul satu wadah, tujuannya tidak lain agar pemilu yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia bisa terlaksana dengan sukses. Kami menyadari, bahwa ke depan akan banyak kegiatan KPU yang harus  berdampingan dengan Kepolisian, karena Polri diberikan tugas dan kewenangan dalam mengamankan semua tahapan dalam pelaksanaan Pilkada,” kata Mardiono dalam sambutannya, Kamis (26/8/2021).

Diakuinya, pihaknya juga bakal secara bersama-sama menciptakan suasana sejuk dengan memerangi munculnya berita ataupun informasi Hoax.

“Ya, maka dari itu kerjasama ini menjadi sangat penting untuk segera dilaksanakan, dan kami sangat berterima kasih kepada Bapak Kapolres Batu, yang sudah bersedia hadir. Dan atas nama KPU Kota Batu dan pribadi, saya mengucapkan selamat atas kepindahanya menempati jabatan baru sebagai Kapolres Ponorogo sebentar lagi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH juga menyampaikan, terkait dengan cipkon sudah merupakan kewajiban Polri dalam hal ini Polres Batu, untuk semaksaimal mungkin mengawal semua tahapan nantinya dalam pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang.

“Kewajiban saya sebagai anggota Polri bersama dengan semua anggota untuk mengamankan dan menciptakan situasi menjadi aman dan nyaman. Dan saya juga mengucapkan permohonan maaf, apabila ada kesalahan selama berdinas menjadi Kapolres Batu, serta terimakasih atas doanya,” tutur Catur sapaan akrabnya.

Mantan Kasubdit Cyber Polda Jatim ini menambahkan, siapapun nantinya yang menjabat sebagai Kapolres Batu, tentunya akan mempunyai dan berkomitmen yang sama.

“Ya, utamanya dapat membuat Kota Batu ini menjadi aman dan nyaman bagi semua warga masyarakat, agar Kota Batu tetap kondusif,” tandas Catur.

Kemudian, kegiatan acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berkas perjanjian kerjasama (MoU) pembentukan Badan Koordinasi dan Kehumasan (Bakohumas) di Kota Batu. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed