by

Diskominfo Kabupaten Malang, Gelar Monev Perkuat Kapasitas Operator Web

Pemkab Malang melalui Diskominfo, saat menggelar Monev. (Had)

MALANG NEWS – Selama ini pengelolaan website Perangkat Daerah wajib terus ditingkatkan. Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Monitoring Evaluasi (Monev) Pembinaan Pengelolaan Website Perangkat Daerah.

“Agar konten website menarik. Konten harus mengenali target sasaran, memanfaatkan momen yang lagi viral, memilih diksi judul yang menarik, memanfaatkan gambar dan video, memenuhi 5W + 1 H tidak bertele-tele, aktual dan selalu up to date, serta interaktif dan responsif,” tegas Narasumber Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Widya, Kamis (24/6/2021).

Seluruh operator website di OPD, Kecamatan, dan kelurahan mengikuti Monev tersebut. Mereka diberi pembekalan pengelolaan website tentang cara mengundang pembaca, cara membuat konten menarik dan berkualitas, hingga dasar-dasar penulisan berita yang baik. Diharapkan dengan monev ini, operator yang hadir bisa memajukan website sebagai sarana informasi resmi dari pemerintah untuk masyarakat.

Dalam pelaksanaanya, Bimtek ini menghadirkan dua narasumber dengan materi yang berbeda. Narasumber berasal dari Dosen Universitas Muhammadiyah Malang dan Humas Protokoler Kabupaten Malang.

Sementara itu Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Humas Protokol Kabupaten Malang Johan Dwijo Saputro menyampaikan dasar- dasar penulisan berita atau juga disebut proses jurnalistik.

“Proses jurnalistik terdiri dari lima tahapan yakni News Planning, News Hunting, News Writing, News Editing, dan Publishing,” jelasnya. (Had)

Bagikan Tautan

News Feed