Ikuti Kami di Google News

Petugas dari Polres Batu, saat tengah melakukan olah TKP didampingi korban. (Dian/malangNEWS)

MALANG NEWS – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kota Batu, kian meningkat terjadi yang membuat warga resah.

Seperti halnya di Kecamatan Junrejo, dalam sehari warga setempat kehilangan satu unit motor.

Kali ini sasaran si maling adalah motor Honda Beat milik seorang wartawan yang terparkir di depan rumahnya.

Aksi pencurian yang terjadi itu di Jalan Diponegoro, Gang 3, No.1A, RT 02, RW 03, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Kamis (6/5/2021) siang.

Seorang warga setempat yang kebetulan wartawan, Doi Nuri (35) mengatakan, hilangnya motor miliknya yang terparkir di depan rumahnya sendiri itu terjadi sekira pukul 11.30 WIB. 

“Berdasarkan saksi mata pemilik toko didepan rumah saya, pelaku yang berjumlah dua orang itu datang dengan berboncengan, mengincar motor Honda Beat warna putih kombinasi merah yang terparkir depan rumah saya,” tutur Doi sapaan akrabnya, Jumat (7/5/2021).

Diungkapkan dia, awalnya pelaku terlihat mondar mandir dengan sepeda motornya, untuk mengamati situasi lingkungan disekitar.

“Kayaknya mengamati dulu. Dua kali dia muter, yang ketiganya temannya jalan kaki kayak orang biasa menggunakan helm dan jaket,” ujarnya.

Setelah memastikan situasi aman, lanjut wartawan suarajatimpost.com ini, seorang pelaku kemudian menghampiri motor incarannya, membobol kuncinya, lalu kabur meninggalkan lokasi. 

“Duduk sebentar di motor dulu, terus berdiri lagi. Lalu celingak-celinguk, kemudian dia mengeluarkan kunci, lalu dia mundurin motor terus jalan. Jadi temannya ngawal dia dari belakang. Padahal, motor sudah saya kunci stang dan lubang kunci pun ditutup. Tapi, ketika saya mau berangkat liputan melihat motor sudah enggak ada,” bebernya.

Dalam hitungan menit, motor korban berhasil digondol oleh kedua maling. Tak pelak, Doi pun segera melaporkan ke Polres Batu, kala mengetahui motornya tersebut raib.

“Kalau begini resah juga kan, jadi merasa nggak aman. Udah diantisipasi, tapi tetap aja hilang. Semoga bisa ketemu lagi motornya,” ucap Doi terlihat lemas dan sesekali tertunduk lesu.

Usai melaporkan musibah yang menimpanya tersebut, tak berselang lama petugas dari Polres Batu langsung mendatangi rumah korban, guna melalukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Setibanya dilokasi, Polisi yang bertugas juga memintai keterangan dari keluarga korban, dan beberapa warga sekitar sebagai saksi.

Aipda Parsuji, SH menyampaikan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk menuntaskan perkara tersebut. Terlebih di suasana pandemi Covid-19, diakuinya angka kriminalitas cenderung naik.

“Angka kriminalitas bentuk apapun, telah menjadi komitmen kami di kepolisian untuk memberikan tindakan hukum. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, angka kriminalitas tergolong cenderung meningkat,” paparnya.

Parsuji juga mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap selalu meningkatkan kewaspadaan, baik ketika memarkir kendaraannya di pinggir jalan maupun di depan rumah.

“Jangan membuka kesempatan untuk niat jahat seseorang. Selalu waspada, karena situasi pandemi dan mendekati lebaran membuat orang gelap mata, yang pada akhirnya melakukan tindakan kejahatan,” pesan dia.

Saat disinggung hasil olah TKP, diungkapkan Parsuji, beberapa petunjuk telah dikantongi oleh petugas.

“Ya, berapa petunjuk telah kami kantongi. Semoga hasil baik bisa kami sampaikan dalam waktu dekat ini kepada korban. Karena tidak jarang, kasus serupa berhasil kami ungkap dan tangani,” tandasnya. (Dian)

Share: