Ikuti Kami di Google News

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH bersama DPRD Kota Batu, dan Disperindag Pemkot Batu melakukan Sidak (Inspeksi Mendadak) harga di Pasar Besar Kota Batu
Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH bersama DPRD Kota Batu, dan Disperindag Pemkot Batu, saat melakukan Sidak harga di Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Humas Polres Batu/malangNEWS).
MALANG NEWS – Guna untuk memastikan harga Sembako (Sembilan Bahan Pokok) stabil menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH bersama DPRD Kota Batu, dan Disperindag Pemkot Batu melakukan Sidak (Inspeksi Mendadak) harga di Pasar Besar Kota Batu, pada Rabu (23/12/2021).


Hal itu dilakukan, menindaklanjuti kebijakan dari Pemkot (Pemerintah Kota) Batu atas komitmen tidak ada kenaikan perihal harga Sembako saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH bersama Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, SP beserta Kepala Disperindag Eko Suharsono, mengelilingi Pasar Besar Kota Batu untuk meninjau stabilitas terkait dengan harga Sembako.

Pantauan awak media, Sidak berlangsung selama dua jam, yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH menjelaskan, bahwasanya dari hasil Sidak tersebut terdapat kenaikan harga, namun masih dalam batas kewajaran.

“Ya, kenaikannya tidak signifikan, masih tipis dan tidak mengganggu stock. Salah satu yang naik harga telur,” terang Catur sapaan akrabnya, saat diwawancarai awak media.

Secara keseluruhan, Mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur ini menilai, harga Sembako masih tergolong stabil dan stock terjaga,” ungkap dia.

Perwira Polisi dengan pangkat dua melati di pundaknya ini menambahkan, tidak terjadi dan tidak ada penimbunan Sembako.

“Stocknya masih dapat terpantau, maupun dikontrol dan saat ini masih dalam pengawasan kami. Akan tetapi, jika terjadi penimbunan, maka dipastikan akan kami tindak tegas. Karena bila ditimbun, otomatis pasti harganya bakal melonjak naik dan tidak terkendali, itu indikatornya,” tukas dia.

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH bersama DPRD Kota Batu, dan Disperindag Pemkot Batu melakukan Sidak (Inspeksi Mendadak) harga di Pasar Besar Kota Batu
Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH saat diwawancarai awak media, usai Sidak ke Pasar Besar Kota Batu.
Sementara itu, Kepala Disperindag Pemkot Batu Drs. Eko Suhartono menyampaikan, bahwasanya kenaikan dari harga Sembako di Kota Batu tersebut, hal itu dikarenakan cuaca ekstrim.

“Walaupun terdapat kenaikan harga, akan tetapi tidak begitu signifikan. Jadi, kenaikannya masih dalam batas kewajaran, dan itu normal serta masih tergolong stabil,” ungkapnya.

Terkait dengan kenaikan harga Sembako, lanjut Eko, diantaranya adalah telur yang semula dari Rp 23 ribu per kilonya, kini menjadi Rp 26 ribu. Selain itu, juga cabai rawit dari yang semula harga normal Rp 40 ribu per kilo, saat ini harganya menjadi Rp 46 ribu.

“Hasil Sidak kali ini, kami melihat kenaikan harga masih dalam batas kewajaran. Artinya, tidak ada lonjakan drastis dan tidak ada penimbunan,” beber dia.

Di tambahkan Eko, pihaknya tetap akan memantau fluktuasi harga Sembako di Pasar Besar Kota Batu.

“Ya, kami tetap bakal memantau harga-harga di Pasar Besar Kota Batu, hingga nanti samapai dengan pergantian tahun,” tandasnya.

Sekadar diketahui, sebelumya Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si mewanti-wanti kepada para pedagang Pasar Besar Kota Batu, agar supaya tidak menaikkan harga Sembako menjelang Natal dan Tahun Baru 2021.

Pewarta: Eko Sabdianto
Editor: Andi Rachmanto
Publisher: Edius

Share: