Ikuti Kami di Google News

Pembelajaran daring
Workshop peningkatan kompetensi guru dalam program pelatihan digital pembelajaran daring. (Foto: Achmad Saifudin/malangNEWS).
MALANG NEWS – Sebanyak 60 orang pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 6 Malang yang kini di kepalai oleh Risna Widyawati, S.Pd mengikuti workshop peningkatan kompetensi guru dalam program pelatihan digital pembelajaran daring, Selasa (23/6/2020).


Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin 22 Juni 2020 sampai dengan Kamis 25 Juni 2020 inipun bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya Malang.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah khususnya pada bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19, yang mana pembelajaran dilakukan dengan metode daring (dalam jaringan/online). Agar pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode daring di SMP Negeri 6 Malang dapat berjalan dengan baik, maka perlu kiranya dilaksanakan pelatihan yang komprehensif, efisien dan efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai,” kata Kepala SMP Negeri 6 Malang Risna Widyawati, S.Pd.

Lebih lanjut wanita berhijab yang akrab disapa Risna itupun menambahkan, Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang harus benar-benar dipersiapkan dengan baik.

“Bagaimana guru menyampaikan materi pembelajaran serta tugas yang mudah dipahami, pun sebaliknya bagaimana siswa dengan mudah mengerti materi yang disampaikan oleh guru dan mengerjakan tugas dengan baik meskipun dilaksanakan tanpa tatap muka secara langsung,” imbuh dia.

Menurutnya, agar sasaran dan tujuan kegiatan terwujud dengan baik yang pada akhirnya nanti pendidik maupun peserta didik dapat menjalani pembelajaran dengan metode daring tanpa kendala, beberapa materipun disajikan pada peserta workshop.

“Materi tersebut diantaranya Kebijakan pendidikan dalam masa transisi menuju new normal Kota Malang, Pemanfaatan dan penggunaan Google Classroom dalam metode pembelajaran daring dan Deradikalisasi dalam kurikulum pembelajaran sekolah menengah,” jelasnya.

Usai menerima materi dari Isma Adila, S.I.Kom, MA dan Arif Budi Prasetya, S.I.Kom, M.Kom narasumber Fakultas Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya peserta workshop diwajibkan melaksanakan Praktik terbimbing dan mandiri dalam pembuatan dan penggunaan google classroom, Implementasi pembelajaran daring dalam pembuatan perangkat pembelajaran Tahun Pelajaran 2020/2021, Presentasi dan Refleksi sekaligus evaluasi hambatan ataupun kesulitan yang dihadapi oleh peserta dalam penerapan pembelajaran metode daring.

Kegiatan ini pun turut pula menghadirkan Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Hj.Mamik Srimulyani, S,Pd,M.Pd yang menyajikan materi terkait Peran ASN dan Non ASN dalam menyambut kebijakan pemerintah selama masa new normal Covid-19 tahun 2020.

Pewarta: Achmad Saifudin
Editor: Eko Sabdianto
Publisher: Edius

Share: