Ikuti Kami di Google News

PKS Batu Peduli
PKS Batu Peduli “Bersatu Lawan Corona”. (Foto: PKS for malangNEWS).
MALANG NEWS – Tunjukan kepedulian kepada masyarakat terdampak, seluruh anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Batu iklas gajinya dipotong untuk penanggulangan wabah dari virus Corona atau Covid-19.


Pemotongan gaji itu, bagian dari tindak lanjut atas instruksi Presiden PKS yang menyerukan, agar seluruh anggota legislatif Fraksi PKS, mulai dari DPR-RI, DPRD Provinsi, serta DPRD kabupaten/kota agar mengalokasikan gajinya untuk membantu penanggulangan wabah Covid-19.

“Ya, itu memang atas instruksi dari Presiden PKS, jadi dari pusat. Tujuannya, untuk membantu masyarakat yang terdampak dari virus Corona,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Batu Ludi Tanarto, SP kepada MALANG NEWS, Selasa (31/3/2020).

Seluruh anggota dewan dari PKS, jelas Ludi Tanarto, dipastikan bakal menerima kebijakan tersebut. Pasalnya, itu merupakan kebijakan partai yang pro terhadap kepentingan masyarakat bersama.

“Terlebih itu merupakan amanat partai yang disampaikan secara berantai dari tingkat pusat hingga kota/kabupaten. Kebijakan Fraksi PKS memangkas gaji anggota mendapat persetujuan penuh dari Ketua DPR-RI,” terang dia.

Ludi Tanarto mengungkapkan, hingga saat ini seluruh anggota dewan dari Fraksi PKS telah bergerak membantu masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing, untuk mengantisipasi melebarnya wabah dari virus Corona (Covid-19).

“Sebelum ada instruksi inipun rekan-rekan anggota Fraksi PKS juga sudah bergerak di Dapil-nya masing-masing. Mereka dibantu para pengurus PKS yang tersebar sampai ke pelosok desa,” ungkapnya.

Dipaparkan olehnya, bahwa pengalokasian dana hasil pemangkasan gaji para Anggota DPRD dari Fraksi PKS tersebut, akan digunakan untuk memfasilitasi penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, masjid, fasilitas umum dan lingkungan lainnya.

Namun, bisa juga dialokasikan untuk penanggulangan lainnya yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut, akan terus berlangsung selama masa pandemi Covid-19 di Kota Batu.

“Ini akan berkelanjutan selama wabah itu masih ada. Semoga juga bisa membantu menambah pengadaan APD bagi tenaga medis serta hand-sanitizer bagi masyarakat. Baru nanti kalau sudah ada perkembangan, kondisinya sudah membaik, akan ada evaluasi tentunya,” bebernya.

Selain itu, pihaknya bakal menyiapkan Satgas di PKS, namanya Team GENTA COVID-19 (Gerakan Tanggap Covid-19). Nantinya, Satgas tersebut menjadi tim di lapangan dalam menjalankan
tugas sosialisasi serta pencegahan Covid-19.

“Mereka wajib memberi pemahaman kepada masyarakat terkait social distancing, agar masyarakat berpartisipasi aktif dengan bersama-sama mencegah penyebaran wabah ini,” tukas dia.

Ia berharap, langkah yang diambil PKS tersebut bisa menambah semangat bagi para pejuang kesehatan serta bisa memenuhi harapan masyarakat yang menantikan peran nyata dari partai politik dalam menanggulangi wabah Covid-19.

“Fraksi PKS adalah representasi langsung dari PKS Pusat. Mari kita bersama-sama ikhtiar agar masa-masa sulit ini segera berakhir,” pungkasnya. (Adv)

Pewarta: Eko Sabdianto
Editor: Andi Rachmanto
Publisher: Edius

Share: