Ikuti Kami di Google News

Kompak. Kapolsek Ngantang AKP Suyatno, S.Sos bersama TNI, BPBD, PLN, PMI, beserta masyarakat, saat sesi foto bersama usai mengevakuasi dan membersihkan sisa material tanah longsor. (Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS).

MALANG NEWS – Pasca bencana alam tanah longsor yang terjadi di Jalan Raya Dusun Sromo, Desa Banturejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, TNI-Polri bersama dengan tim gabungan mengevakuasi sekaligus juga membersihkan sisa-sisa material tanah longsor, pada Rabu (4/3/2020).

Evakuasi dan pembersihan dilakukan pada pukul 07.00 hingga 10.30 WIB, dengan mendatangkan alat berat yang diikuti oleh 40 personil gabungan. Tak kenal lelah, mereka tampak kompak dan bahu membahu saling membersihkan sisa dari material tanah longsor.

Hadir pada kegiatan itu, Kapolsek Ngantang AKP Suyatno, S.Sos dan anggotanya, Koramil, BPBD, PLN, PMI, Security PJT Selorejo beserta warga masyarakat setempat.

Menurut Kapolsek Ngantang AKP Suyatno, S.Sos, bahwasanya giat evakuasi yang dilaksanakan itu, merupakan kegiatan lanjutan pasca longsornya tanah.

“Evakuasi baru hari ini dilaksanakan, hal itu mengingat pada saat kejadian sempat tertunda. Karena akibat curah hujan yang masih cukup tinggi, sehingga tidak memungkinkan untuk kami lakukan,” kata Yatno sapaan akrabnya kepada MALANG NEWS.

Perwira Polisi ini menjelaskan, pada giat evakuasi yang dilaksanakan ini sengaja melibatkan jajaran, baik dari TNI dan Polri yang tergabung bersama dengan tim pencegahan bencana Kecamatan Ngantang.

“Ini bentuk sinergitas TNI-Polri bersama tim gabungan Kecamatan Ngantang. Hal ini salah satunya sebagai bentuk totalitas pencegahan dini terkait dengan bencana alam, khususnya di wilayah Kecamatan Ngantang,” terang dia.

Dirinya menambahkan, hal itu mengingat beberapa pekan terakhir, intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengguyur daerah tersebut.

“Ya, otomatis cukup berpotensi akan terjadinya bencana tanah longsor susulan. Sebab, mengingat Kecamatan Ngantang berada pada daerah pegunungan dan perbukitan,” imbuhnya.

Pewarta: Eko Sabdianto
Editor: Andi Rachmanto
Publisher: Edius

Share: