Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota Batu menggelar kegiatan acara pelatihan dan operasi gabungan bersama berbagai instansi terkait, yang tujuannya untuk meningkatkan penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan menjaga stabilitas serta keindahan Kota Batu.

Pelatihan ini berlangsung di Zamzam Hotel, pada Rabu (8/5/24), dan diikuti oleh para personel Satpol PP Pemerintah Batu serta menghadirkan narasumber ahli dari Universitas Brawijaya Malang.

Materi pelatihan yang disampaikan meliputi Manajemen Informasi Pelaporan Kegiatan Dengan Aplikasi Berbasis Web, Sop Penanganan PKL, Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Daerah, serta Fokus Program Terkait Pelaksanaan Tupoksi.

Arif Andi Subroto, Dosen Informatika Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Malang, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mendesain dan membuat aplikasi pelaporan yang dapat digunakan oleh Satpol PP Kota Batu untuk memudahkan pelaporan dan kolaborasi dengan dinas-dinas yang lain.

Abdul Rais, Kasatpol PP Pemkot Batu, menambahkan, aplikasi ini akan memungkinkan pimpinan Satpol PP untuk memantau laporan secara real-time melalui aplikasi dan website.

“Semua laporan nanti bisa dilihat oleh pimpinan kami melalui aplikasi dan website. Hal ini akan membantu kami dalam memantau situasi dan mengambil keputusan dengan lebih cepat dan tepat,” kata Abdul Rais.

Abdul Rais menambahkan, dalam rangka menjaga stabilitas dan keindahan Kota Batu, Satpol PP Kota Batu akan melakukan operasi gabungan yang meliputi pembersihan PKL di beberapa tempat, serta pengguna jalan yang parkir liar terutama yang menggunakan bahu jalan dan trotoar.

Selain itu juga akan dilakukan tindakan penderekan mobil, pembongkaran, dan penyitaan bagi pelanggar yang sebelumnya telah diberikan peringatan dan sosialisasi. Operasi gabungan ini melibatkan berbagai instansi terkait, antara lain Polres Batu, TNI, Kejaksaan Negeri Batu, Kodim 0818 dan Dinas Perhubungan Kota Batu.

Kasat Binmas Polres Batu, Dwi Jatmiko, menyatakan bahwa Polres Batu akan mendukung penuh operasi gabungan ini untuk memastikan kelancaran dan efektivitasnya.

Sementara Andika, dari Kejaksaan Negeri Batu, juga menyatakan dukungannya terhadap operasi ini sesuai dengan tugas dan fungsi Kejaksaan Negeri Batu.

Sedangkan Arifin, dari Kodim 0818, juga menyatakan kesiapannya untuk mendampingi Satpol PP Kota Batu dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat melalui operasi PKL dan parkir liar di Kota Batu.

Begitu juga dengan Chilman Suaidi, dari Dishub Kota Batu, pun juga menyatakan dukungannya pada operasi gabungan ini demi menciptakan kondisi yang kondusif di Kota Batu.

Untuk itu pihak Satpol PP Pemkot Batu mengimbau kepada para pedagang agar berjualan di tempat yang telah diperuntukkan dan mematuhi peraturan daerah yang berlaku. (Nda)

Share: