Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi pada Jumat (8/12/2023) lalu serta sumbatan pohon tumbang, mengakibatkan Kali Paron yang membelah Kecamatan Bumiaji meluap. Dusun Mberu, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji terdampak cukup parah, bahkan air bercampur lumpur terlihat meluber ke jalan akibatnya masuk ke beberapa rumah warga.

Mulai siang hingga malam ini, Pemerintah Kota Batu, yang dipimpin Pj. Wali Kota Batu Dr. Aries Agung Paewai, S.STP., M.M sejak siang hari bersama Tim Gabungan dari PUPR, BPBD, DAMKAR, TNI dan POLRI serta masyarakat melakukan pembersihan dan normalisasi sungai.

Beragam alat berat pun dihadirkan, guna untuk menyingkirkan batang pohon yang menumpuk di tengah dan tepi jalan serta mengeruk lumpur sisa material luapan air.

Lumpur yang tebal di sepanjang jalan Dusun Mberu tampak menutupi jalanan. Pembersihan yang dilakukan sejak siang hari belum 100 persen tuntas, meskipun hingga malam hari. Oleh karenanya, kerja bakti pembersihan lumpur dan normalisasi daerah aliran sungai akan dilanjutkan pada Sabtu (9/12/2023) malam ini.

Pj. Wali Kota Batu Dr. Aries Agung Paewai, S.STP., M.M menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah secara cepat dan tanggap bencana, sehingga tidak ada korban dan penanganan yang cepat.

Namun demikian, ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi, terutama dimusim penghujan seperti pada saat ini.

“Terimakasih kepada Tim Gabungan dari PUPR, BPBD, DAMKAR, TNI dan POLRI serta masyarakat yang bergotong-royong telah membantu membersihkan dampak banjir lumpur di Dusun Mberu. Kita akan lanjutkan dengan kerja bakti bersama-sama di lokasi besok pagi,” katanya.

Dirinya juga berharap seluruh masyarakat Kota Batu termasuk juga kepada para ASN Pemerintah Kota Batu, untuk bersama-sama kerja bakti dan gotong-royong membersihkan jalanan yang penuh lumpur.

“Lumpur harus segera dibersihkan, tujuannya agar jalanan dapat kembali berfungsi dan dapat dilewati oleh para pengguna jalan dengan aman,” pungkas Pj. Wali Kota Batu Aries. (Dec)

Share: