Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Persiapan menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, manajemen Batu Love Garden (Baloga) salah satu tempat wisata yang menghadirkan beragam jenis tanaman dan wahana dalam satu area, yang berlokasi di Jalan Raya Pandanrejo, No.91, Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, mempersiapkan tiga tambahan wahana barunya.

Hal itu dilakukan, agar para wisatawan yang yang berkunjung ke Baloga merasa nyaman sekaligus terhibur, dan tentunya bakal kembali lagi.

Adapun tiga wahana baru tersebut bernama Flying Dragon, Pedal Coaster dan Ferrish Weel. Setelah peluncuran tiga wahana yang dimaksud, ke depannya pihak manajemen Baloga juga akan mengedukasi terkait dengan varietas beragam tanaman, dan bunga serta jenis-jenis sayuran yang terdapat di Baloga.

Direktur Baloga Isa Mei Wahyuni menjelaskan, bahwa pihaknya sengaja memanjakan para wisatawan yang berkunjung, dengan menghadirkan beberapa wahana yang baru.

“Ya, itu dalam menyambut libur Nataru ini, kita sengaja menghadirkan beragam wahana baru sekaligus juga mengedukasi kepada para wisatawan yang berkunjung, dengan harapan mereka merasa nyaman ketika berlibur ke Baloga,” terang Isa kepada awak media, pada Jumat (8/12/2023).

Selain itu, masih kata Isa, dengan adanya wahana terbaru, agar wisatawan menemukan banyak hal baru khususnya di libur Nataru 2023 ini, pihaknya jauh-kljauh hari juga sudah menyiapkan semuanya untuk memanjakan pengunjung.

“Yang pertama kami terus melakukan perubahan-perubahan, dengan tujuan agar pengunjung tidak bosan, yang kedua tentunya akan lebih mengedukasi apa-apa saja yang terdapat didalam komplek area Baloga, dimana itu mulai dari salah satunya edukasi terkait berbagai jenis bunga dan tanaman yang terdapat di Baloga ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut wanita yang akrab disapa Isa ini menguraikan, jika pihak manajemen Baloga melakukan pengolahan sampah mandiri. Mulai dari tanaman-tanaman, untuk diolah kembali menjadi pupuk kompos.

“Terkait UMKM kita juga bekerjasama dengan para petani maupun warga sekitar, contohnya dalam bentuk kerajinan. Dengan edukasi akan melahirkan warna baru, seperti tadi rombongan dari ibu Gubernur Jatim khofifah Indar Parawansa sangat senang sekali dan sangat bergembira. Karena selain bisa berfoto-foto, mereka juga mendapatkan edukasi, tentang jenis-jenis tanaman dan bunga yang ada di Baloga,” papar Isa.

Sementara itu, Manager Operasional Baloga Muhammad Firdaus menyampaikan, bahwa pihaknya juga selalu melakukan inovasi-inovasi yang terbaru, Dima hal itu dilakukan guna memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang pengunjung ke Baloga, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Pastinya kami selalu melakukan inovasi dan terobosan tiada henti, dan nantinya tahun depan kami juga akan melakukan edukasi yang lebih variatif lagi,” ungkap Firdaus.

Tak lupa, pihaknya juga berharap, agar Baloga nantinya juga akan mewarnai dunia pendidikan. Terkait target pengunjung di libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 ini adalah diatas 10.000 pengunjung,” ujarnya dengan optimis.

Berkaitan dengan wahana terbaru yang ada di Baloga, diungkapkan Firdaus, untuk wahana Ferrish Weel sendiri secepatnya bakal beroperasional.

“Tentunya semua itu untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung kesini (Baloga-red), agar betah dan tentunya bakal kembali lagi,” tulasnya.

Meski demikian, masih kata Firdaus, jika pihaknya juga terbuka dan selalu siap berkolaborasi dengan pihak manapun, termasuk juga UMKM dan pemberdayaan warga sekitar.

“Itu karena banyak UMKM yang berkerjasam dengan Baloga, kita pada dasarnya selalu terbuka kepada pihak manapun, karena dengan semakin banyaknya jumlah pengunjung yang datang ke Baloga, maka secara otomatis akan mendongkrak perekonomian Kota Batu,” tandas Firdaus. (Dec)

Share: