Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Memperingati Hari AIDS Sedunia, Pemerintah Kota Batu menggelar kegiatan acara “Senam Bersama Remaja de-Kota Batu”, pada Jumat pagi, (1/12/23), yang diikuti oleh ratusan siswa SMA/SMK se-Kota Batu, ASN Pemkot Batu, dan Dinas Kesehatan Pemerintah Batu.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Batu drg. Kartika Trisulandari mengatakan, 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia untuk mengenang mereka yang meninggal karena penyakit terkait AIDS.

“Ya, selain itu kami juga untuk mengingatkan kepada semua orang akan bahayanya penyakit AIDS,” kata Kartika.

Peringatan Hari AIDS Sedunia sendiri diselenggarakan oleh United Nations Programme on HIV and AIDS (UNAIDS) dengan tema yang berbeda-beda pada setiap tahunnya, dan tema tahun ini adalah “Let Communities Lead” atau “Biarkan Masyarakat Memimpin”.

Menurutnya, pesan yang ingin disampaikan adalah dengan adanya peran komunitas-komunitas dunia untuk kampanye tentang bahaya dan efek AIDS.

“Itu karena diyakini bisa menurunkan angka penderita AIDS,” ujar Kartika.

Dirinya juga menjelaskan, organisasi komunitas yang hidup dengan, berisiko, atau terkena dampak HIV adalah garis depan kemajuan dalam respons HIV.

“Kali ini, Kita melibatkan adik-adik sekalian. Kenapa? Karena kita memiliki program ‘Aku Bangga, Aku Tahu’ yaitu kampanye pencegahan dan perlindungan kaum muda di Indonesia dari bahaya HIV dan AIDS,” terang drg. Kartika.

Kadinkes Pemkot Batu drg. Kartika Trisulandari juga berharap, dengan adanya kampanye “Aku Bangga, Aku Tahu” ini, para remaja memiliki pengetahuan tentang AIDS dan siap menghindari penyakitnya.

Secara umum, kegiatan acara ini berlangsung cukup meriah. Apalagi Pj. Wali Kota Batu Dr. Aries Agung Paewai, S.STP., M.M yang juga turut hadir dan bahkan memberikan pertanyaan kepada para siswa SMA/SMK terkait pengetahuan mereka tentang AIDS.

Dirinya menyampaikan, bahwasanya sampai dengan saat ini, HIV dan AIDS masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang utama di dunia.

“Melalui Peringatan Hari AIDS Sedunia setiap 1 Desember, merupakan momen yang tepat untuk menyebarkan kesadaran bersama tentang HIV/AIDS dan bahayanya, sekaligus untuk menunjukkan solidaritas serta memberikan dukungan untuk Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA),” pungkas Pj. Wali Kota Batu Dr. Aries Agung Paewai, S.STP., M.M. (Dec)

Share: