Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Menindaklanjuti komitmennya untuk menyelesaikan permasalahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, S.STP.,M.M menggelar rapat koordinasi teknis guna mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini, untuk menyusun langkah-langkah prioritas guna menyelesaikan permasalahan di TPA Tlekung.

Dalam rapat koordinasi ini ditetapkan empat keputusan strategis. Pertama, seluruh OPD harus berperan aktif dalam penyelesaian permasalahan TPA Tlekung. Setiap OPD diinstruksikan untuk menyusun matriks tugas yang menetapkan prioritas tindakan dan kinerja mereka akan dilaporkan secara harian untuk memantau progres hasil kerjanya.

Kedua, pemerintah akan melakukan pendataan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) di setiap desa dan kelurahan, serta akan mengoptimalkan kinerja TPS 3R. Terutama di kelurahan yang hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebagai sumber dana.

Ketiga, penyelesaian permasalahan TPA Tlekung harus dilakukan secara bersama-sama dengan semangat sinergi dan tanggung jawab kolektif. Semua pihak diminta untuk berkinerja cepat dan terukur guna mencapai hasil yang nyata dan berkelanjutan.

Keempat, kinerja yang dihasilkan bukanlah untuk kepentingan sesaat, melainkan akan dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya perbaikan untuk masa depan yang lebih baik.

Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi ini, Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, S.STP.,M.M akan memastikan seluruh OPD melakukan tugas sesuai kewenangannya. Rencana aksi yang telah disusun akan dilaksanakan segera dan akan dipantau langsung oleh Pj. Wali Kota untuk memastikan kesuksesan implementasinya.

Sebagai langkah konkret dalam penyelesaian permasalahan, Pj. Wali Kota Batu bahkan berinisiatif untuk berkantor selama satu bulan di TPA Tlekung, sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan yang telah lama berlangsung dan berdampak pada warga setempat, terutama terkait polusi udara dan potensi longsor.

Sebelumnya, Aries Agung Paewai juga telah menyediakan bantuan sosial bagi empat warga Desa Tlekung yang berstatus miskin dengan memberikan paket sembako. Selain itu, Aries Agung Paewai juga telah melakukan kunjungan ke TPS 3R Kelurahan Dadaprejo untuk memahami tata kelola sampah secara langsung.

“Tindakan proaktif ini sebagai upaya pemerintah dalam merespons aspirasi masyarakat dan menunjukkan keseriusan dalam mencari solusi terbaik bagi TPA Tlekung dan wilayah sekitarnya,” ujar Aries Agung Paewai, pada Selasa (1/8/2023).

Aries Agung Paewai juga menyampaikan, bahwa penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk TPS 3R akan disesuaikan dengan hasil rapat koordinasi hari ini. Dengan SOP yang sesuai dan terstruktur, diharapkan pengelolaan sampah di TPA Tlekung akan lebih terorganisir dan efektif dalam mendukung visi Kota Batu sebagai kota yang bersih dan ramah lingkungan.

Aries Agung Paewai berharap, langkah-langkah yang telah diambil ini akan menjadi awal yang baik dalam mengatasi permasalahan di TPA Tlekung dan berkontribusi positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat di Kota Batu. (Dec)

Share: