Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Inspiratif dan tak banyak yang tau, siapa sangka, jika ada seorang anggota polisi di Kota Batu mengajari tahanan mengaji atau membaca Al-Qur’an. Hal itu dilakukan, agar para tahanan bisa mengisi waktunya dengan kegiatan positif.

Adalah Aiptu Iwan, salah seorang anggota Sat Tahti Polres Batu, Polda Jatim, yang menyempatkan waktunya bertugas dengan mengajari sejumlah tahanan membaca Al-Qur’an melaui Program Iqro, yang dicanangkan oleh Kapolres Batu sebelumnya.

Aiptu Iwan di sela-sela tugasnya, ia menyempatkan diri dengan penuh kesabaran dan sangat telaten mengajari para tahanan belajar membaca Al-Qur’an mulai dari tingkat dasar, seperti yang dilakukan pada Jumat (28/4/2023).

“Ya, saya sengaja mengajari mengaji dan belajar membaca Al-Qur’an kepada para tahanan agar mereka dapat berkegiatan yang positif, sehingga psikisnya tidak terganggu, dan selalu tabah dalam menjalani hukuman,” ungkapnya.

Usai mengajar, Aiptu Iwan memberikan siraman rohani dan motivasi agar kondisi psikologis tahanan tidak terganggu dan tetap optimis untuk menjalani kehidupan dan tetap tabah.

Menurutnya, kegiatan belajar mengaji untuk para tahanan ini dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.

“Tentunya dengan harapan, akan semakin banyak para tahanan yang bisa belajar membaca Al-Qur’an, sehingga berpengaruh positif terhadap kehidupanya nanti,” ujar Aiptu Iwan.

Apa yang dilakukan oleh Aiptu Iwan ini mendapat apresiasi dari Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T karena kegiatan itu dapat mendorong para tahanan untuk selalu berbuat yang positif, selama di tahanan.

“Program belajar mengaji Iqro’ ini saya harapkan akan dilakukan secara berkelanjutan, agar para tahanan selepas nanti dari menjalani masa hukumanya bisa merubah diri dan semakin bertangung jawab pada diri sendiri, serta keluarganya,” ujar AKBP Oskar.

Tak lupa, alumni Akpol 2003 ini juga mengucapkan terimakasih kepada Aiptu Iwan, yang telah meluangkan waktunya dalam memberikan ilmu yang sangat bermanfaat tersebut.

“Terimakasih kepada Aiptu Iwan, yang meluangkan waktu mengajar para tahanan untuk mengaji, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan yang dilakukan dengan pahala yang berlipat ganda,” tandas Kapolres Batu AKBP Oskar. (Dec)

Share: