Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Malang Raya yang digelar pada Senin (20/3/2023) berjalan sangat hikmat. Kegiatan acara yang dirangkaikan dengan agenda tahunan IWO, yakni Anugerah IWO Awards itu berlangsung penuh dengan keceriaan dan suka cita.

Pelantikan yang bertempat di Grand Ballroom Paramount, Hotel Atria, Kota Malang, para pewarta yang tergabung di dalam organisasi profesi IWO Malang Raya resmi dilantik oleh Ketua Umum Ikatan Wartawan Online, Jodhi Yudono, dihadapan perwakilan stakeholder, meliputi wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Nampak dalam jajaran tamu undangan yang hadir, yakni para petinggi pemerintah dan perguruan tinggi yang turut menjadi saksi pelantikan IWO. Unsur TNI-Polri melengkapi semaraknya acara yang dihadiri ratusan relasi, kolega dan jaringan IWO Malang Raya.

Tak hanya itu, bahkan puluhan pimpinan instansi, pengusaha, ketua organisasi kepemudaan, koordinator komunitas-komunitas besar se-Malang Raya, tokoh ormas, tokoh perempuan, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, aktivis penggerak hingga relawan kemanusiaan hadir memadati ruangan pelantikan.

Duduk sebagai tamu kehormatan, adalah Ketua Umum IWO Jodhi Yudono, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko beserta Ketua I TP PKK Kota Malang Ely Estiningtyas S.T., M.M, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, Kasiter Korem 083 Baladhika Jaya Letkol Czi Simon Mangampa S.T, Lanal Malang Wadan Palaksa Letkol Laut (P) Thomas Aquinas Dhamang Suprayogi S.E., Kadispotdirga Lanud Abd Saleh Malang.

Hadir pula Ketua LLDIKTI Jawa Timur Wilayah VII Prof. Dr. Dyah Sawitri S.E., M.M, Ketua PERINDO Kota Malang Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Artis Ratih Sanggarwati, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta M.Nor Muhlas S.Pd., M.Si, Direktur Jatim Park Group Dr. (Cand) Ir. Suryo Widodo M.Ars., M.M, Ketua KONI Kota Malang dan masih banyak lagi tamu undangan lainnya.

Sebelum acara Pelantikan Pengurus Daerah IWO Malang Raya dilaksanakan, para hadirin tamu undangan disuguhkan dengan tayangan video kiprah IWO Malang Raya.

Gelaran yang dirangkai dengan Anugerah IWO Awards serta launching KTA itu dibuka dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim yang juga Ketua PCNU Kota Malang Gus Dr. H. Isroqunnajah M.Ag, yang dilanjutkan dengan pemutaran video perjalanan IWO selama 10 tahun dan hiburan penampilan tari Gading Alit persembahan dari mahasiswi seni tari Universitas Negeri Malang.

Menjelang prosesi pelantikan, Penasihat IWO Malang Raya, R. H. Djoni Sujatmoko menyampaikan orasi ilmiahnya bertema Indonesia Negara Majemuk, dengan lugas, Djoni dalam orasinya mengatakan, bahwa Indonesia perlu meningkatkan kebersamaan antar individu.

“Indonesia adalah negara majemuk, itulah salah satu alasan mengapa kita harus memiliki rasa kebersamaan. Manusia dan lingkungan sekitarnya harus hidup seimbang, karena adanya tuntutan dalam memenuhi kebutuhan hidup,” katanya.

Kegiatan acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan, ikrar, dan pengibaran panji-panji organisasi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang dalam sambutannya mengucapkan apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada IWO Malang Raya, yang telah menggagas acara Anugerah IWO Awards.

Bung Edi, sapaan akrabnya mengatakan, bahwa jurnalis adalah satu diantara elemen pentahelix yang sangat penting.

“Media dan wartawan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, untuk itu Wartawan merupakan elemen penting,” ujar Ketua Bung Edi yang juga Politosi Golkar Kota Malang ini.

Lebih lanjut, dari podium kehormatan Ketua Umum IWO pun memberikan sambutannya dengan penuh semangat.

Dalam sambutannya Jodhi mengatakan, bahwa bertumbuhnya kantong organisasi di daerah adalah indikator dunia jurnalisme yang sehat, hal itu mengingat dimana para jurnalis berkumpul untuk menyatukan visi dan misi ke arah yang maju dan membangun.

Selain itu Jodhi juga menghimbau, agar jurnalis atau wartawan mengedepankan sisi kemanusiaan selain melakukan liputan. Dalam kesempatan itu, Jodhi yang dikenal sebagai wartawan senior kompas.com dan penyanyi puisi itu berharap, agar para wartawan dapat terlibat dalam mewartakan serta melakukan kontrol dan mampu menjaga independensi dalam pembangunan dan program-program, yang disusun pemerintah maupun swasta untuk kesejahteraan masyarakat.

Di tempat yang sama, Ketua terpilih Rudi Harianto C.ST MI setelah dilantik mengatakan, bahwa IWO Malang Raya telah melewati tahapan-tahapan organisasi dengan baik.

“Alhamdulillah setelah Mubesda dan Pelantikan terlaksana dengan sukses, sekarang kami fokus merealisasi program kerja juga mengupayakan, agar KTA untuk para anggota segera terbit. IWO harus bisa masuk ke segala lini, politik, ekonomi, kepemerintahan, pendidikan dan juga teknologi, sektor usaha, pertanian, pariwisata, lingkungan dan lain-lain,” paparnya.

Tak lupa, dirinya juga menegaskan, jika organisasi pers IWO Malang Raya, selalu lebih mementingkan semua anggotanya.

“Secara organisasi kami selalu mementingkan kebersamaan dan persaudaraan antar anggota. Sebisa mungkin memacu karya jurnalistik yang lebih berkualitas dan juga kreatifitas, sesuai dengan bidang yang disukai. Saling membesarkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk mendukung profesi kewartawanan,” papar dia.

Rudi menjelaskan, bahwa setelah selama tiga tahun belakangan ini menjabat sebagai Plt. Ketua IWO, diakuinya bahwa IWO telah mampu membuktikan kiprahnya dalam hal berorganisasi.

“Tiga tahun ini, IWO mempunyai program dan sudah direalisasikan dapat dilihat dalam tayangan profil IWO Malang Raya. Setelah pelantikan ini kita akan segera menggelar rapat kerja, dan mulai mewujudkan program secara bertahap. Tahun ini juga ada program unggulan baru yang sudah dirancang dan dalam waktu dekat, itu agar dapat dikerjasamakan dengan berbagai sektor,” beber wartawan kompetensi muda ini.

Rudi, dalam keterangannya juga berharap selain bisa menjaga marwah organisasi juga bisa membawa nama baik media tempat bekerja.

“Menjaga marwah dimulai dari tindakan kita untuk selalu menjaga integritas dan memperhatikan etika yang ada di masyarakat,” tandasnya.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, bahwa IWO Malang Raya mempunyai program tahunan, yakni Anugerah IWO Awards yang diberikan kepada para tokoh dari berbagai latar belakang. Para tokoh yang beruntung mendapatkan penghargaan sebagai berikut:

Katagori Malang Best Figure

  1. Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Menteri Koordinator Bidang PMK RI
  2. Drs. H. Sutiaji, Walikota Malang & Sahabat Difabel
  3. I Made Rian Diana Kartika, Ketua DPRD Kota Malang
  4. Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Ketua PERINDO Kota Malang, Entrepreneur
  5. Ely Estiningtyas Jarwoko, Ketua I TP PKK Kota Malang, Ketua PERWOSI
  6. Yuni Shara, Artis dan Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini
  7. Prof. Dr. Dyah Sawitri S.E., M.M., Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur
  8. Ir. H. M. Ridwan Hisjam, Anggota DPR RI Komisi VII
  9. Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag., Ketua Tanfidiziyah PCNU Kota Malang
  10. Risa Santoso, B.A., M.Ed, Rektor Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang

Katagori pilihan masyarakat dengan predikat CAKRA, merupakan akronim dari Cepat, Akurat, Komunikatif, Responsif, Akuntabel diraih oleh Kapolresta Malang Kombes. Pol. Budi Hermanto S.I.K., M.Si

Kategori yang Muda yang Berdampak

  1. Moreno Soeprapto S.Sos, Anggota DPR RI Komisi VII
  2. dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed, Dokter dan Wirausahawan Sosial
  3. Ir. Alfi Nurhidayat S.T., M.T., IPM, Kepala Dinas PUPR Kota Batu dan Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kota Batu
  4. M. Nor Muhlas S.Pd., M.Si, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang
  5. Zulham A. Mubarrok, Ketua DPD KNPI Kabupaten Malang
  6. drg. Nina Agustin M.M., Sp. Ort, Dokter dam ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kota Malang
  7. Redy Eko Prasetyo, Seniman dan Penggagas Jaringan Kampung Nusantara
  8. dr. Dian Agung Anggraeni, Dokter dan Sociopreneur
  9. Drs. Bambang GW, Pendiri Dewan Kampung Nuswantoro
  10. Yulia Rahmawati, Make Up Artist Populer dan Fashion Enthusiast (Nda)

Share: