by

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, Dinas Kominfo Kota Malang Gelar Pelatihan Jurnalistik Tahap 1

MALANG NEWS – Dinas Kominfo Kota Malang menggelar kegiatan acara Pelatihan Jurnalistik atau Pewarta Warga Tahap 1, pada Kamis 23 Februari 2023 di Ijen Suite Kota Malang. Pelatihan tahap 1 ini diikuti 94 peserta dari perwakilan 16 kelurahan di Kota Malang, Srikandi Pemuda Pancasila dan Nasyiatul Asyiah.

Para peserta pelatihan akan mendapat materi teknik menulis berita, teknik fotografi dan teknik videografi selama 2 jam, secara teori dan langsung praktek.

Narasumber dan pemateri dalam pelatihan jurnalistik adalah Mohammad Solihin Bahari, yang merupakan praktisi jurnalistik media cetak dan elektronik, yang juga wartawan senior Malang Raya.

Pelatihan jurnalistik atau pewarta warga tersebut merupakan program Dinas Kominfo Kota Malang, dengan mengakomodasi keinginan peserta lewat polling dari peserta.

Dari 8 materi yang diusulkan kepada peserta atau responden, yang mendapat prosentase terbesar adalah 3 materi, yakni teknik menulis, teknik fotografi dan teknik videografi.

Sedangkan 5 materi lain kurang diminati responden diantaranya publik speaking, editing dan penyuntingan naskah, pembuatan narasi caption agar berita menarik pembaca, setting layout media cetak dan teknik wawancara.

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S.Sos, menjelaskan, bila pelatihan jurnalistik atau pewarta warga digelar untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

“Selain untuk mengembangkan minat baca masyarakat yang saat ini sangat rendah, juga dalam rangka penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik,” terangnya kepada awak media.

Kurangnya minat membaca, menurut Kadin Kominfo Kota Malang, menyebabkan minimnya validasi informasi pada berita, yang akan dipublikasikan.

“Tentunya hal ini sangat bertentangan dengan kode etik jurnalisme. Terlebih lagi, keberadaan jurnalis atau wartawan yang bijak sangat dibutuhkan sebagai pembentuk arus utama opini dan wacana dalam masyarakat. (Nda)

Bagikan Tautan

News Feed