Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat guna menciptakan situasi aman dalam berlalu lintas, serta menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Malang, Polresta Malang Kota akan menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2023.

Operasi Keselamatan Semeru 2023, menjadi salah satu upaya Polri dalam menciptakan kondisi yang aman dalam berlalu lintas menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023, dengan mengedepankan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas, guna meminimalisir pengendara yang melanggar, serta menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si menjelaskan, kondisi menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023, Polresta Malang Kota akan menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2023.

“Ya, tentunya kami mengedepankan Preventif dan Preemtif dengan penegakan hukum secara selektif prioritas, khususnya kepada pelanggaran lalu lintas,” terang Kombes Pol. Buher sapaan akrabnya, pada Selasa (7/2/2023).

Mantan Kapolres Batu ini menambahkan, bahwa Operasi Keselamatan Semeru 2023 ini dilaksanakan serentak selama 14 hari ke depan, yang dimulai 7 – 20 Februari 2023.

“Dalam pelaksanaannya, kami melibatkan personel sebanyak 83 orang gabungan Polresta, TNI, Dishub, dan Satpol PP Kota Malang,” imbuhnya.

Alumni AKPOL 2000 ini juga menyebut, berdasarkan Analisa dan Evaluasi (ANEV) tahun 2021 dan 2022, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan, laka 24 persen dengan korban meninggal naik 18 persen, sedangkan pelanggaran naik 88 persen, yaitu teguran 141 persen dan tilang turun 86 persen.

“Oleh karena itu, operasi ini diproyeksikan untuk bisa menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, khususnya di wilayah Kota Malang. Melalui Operasi Keselamatan Semeru 2023 ini, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal disiplin tertib berlalu lintas, guna mewujudkan keamanan, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas di Kota Malang,” pungkas Kombes Pol. Buher. (And)

Share: