by

Wisata Puncak Brakseng Kota Batu, Dian NCC: Cocok Untuk Sunmori Bersama Komunitas CBR

MALANG NEWS – Apakah anda para wisatawan sudah mengetahui tempat wisata puncak bernama Brakseng? Yup, tempat wisata ini merupakan salah satu wilayah yang berlokasi di daerah Cangar, lebih tepatnya di Desa Jurang Kuali yang menjadi jujugan para bikers lho!

Pasalnya, wisata puncak Brakseng di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini bisa menjadi solusi baru untuk para bikers yang suka sekali wisata alam dengan pemandangan alam yang indah, unik dan menakjubkan serta memanjakan mata.

Di lokasi wisata itu, banyak sekali kaum muda millenial yang healing kesana kemari sembari mencari spot menarik untuk potret estetik dengan mengunggahnya ke feed instagram mereka, lantaran tempat wisata ini sungguh layak dijadikan tempat favorit untuk berswafoto.

Menurut salah seorang bikers Eko Sabdianto, A.Md. Par, di lokasi tempat wisata puncak Brakseng ini banyak menjadi jujugan bagi para bikers motor sport maupun naked.

“Biasanya kami Sunmori kesini (Brakseng-red) setiap Minggu pagi, untuk menuju ke puncak Brakseng ini motor yang dikendarai harus kuat dan menggunakan gigi satu, karena jalanan menuju ke lokasi memang cukup ekstrem untuk ditempuh. Walaupun rutenya cukup panjang dan melelahkan, namun akses untuk mencapai lokasi ini sangatlah mudah. Selain jalannya sudah bagus dan beraspal, namun tetap saja jalannya berliku-liku serta banyak sekali tikungan tajam. Namun hal itu tak menjadi masalah bagi kami para bikers, karena pemandangan dan udara sejuk pegunungan yang ditawarkan akan menebus segalanya,” kata Dian sapaan akrabnya kepada awak media, Minggu (8/1/2022).

Cocok Dijadikan Lokasi Sunmori Bagi Para Riders

Anggota Ngalam CBR Community (NCC) ini menambahkan, jika para bikers yang hobby Sunmori atau wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu disarankan agar mengunjungi tempat wisata Brakseng tersebut.

“Kami biasanya berkendara santai setiap Minggunya pasti mengagendakan Sunmori ke Brakseng sebagai ajang berkumpul dan berkegiatan antar sesama anggota klub atau bersama komunitas motor lainnya. Kegiatan riding dengan lokasi yang sudah kami tentukan ini, menjadi salah satu hal yang menyenangkan bagi pecinta motor, karena dilaksanakan di pagi hari dan melalui lokasi yang memang telah ditentukan sebelumnya,” imbuh Dian.

Di lokasi tersebut, masih kata Dian, selain menyajikan pemandangan alam indah pegunungan juga terdapat bermacam-macam fasilitas yang dapat dinikmati para bikers untuk mendukung kegiatan Sunmori yang dimaksud.

“Wisata puncak Brakseng ini memang pantas dan layak untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, sebab jika berada disini, kita akan menikmati sensasi jalanan pegunungan yang lapang dengan view langsung menghadap ke dua gunung yang nampak berdekatan, yakni Gunung Arjuno dan Gunung Kawi, jadi viewnya bagus sekali,” urainya.

Pria yang juga fotografer handal Kota Batu ini mengungkapkan, mengingat lokasinya yang berada di lereng gunung dengan view awan yang cantik menghiasi langit yang nampak di sepanjang kanan kiri jalanan tersebut. Di lokasi ini juga terdapat kafe yang menyediakan aneka makanan jajanan kuliner dan juga kopi.

“Walaupun tempatnya sangat dingin, tapi bisa terobati dengan minum segelas kopi panas sebagai penghangan tubuh kita saat Sunmori bersama teman-teman komunitas motor CBR. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, kita tentunya juga bisa berswafoto. Kebetulan saya juga seorang fotografer, tentunya hasil foto ditempat ini akan indah dan menarik karena view dan background yang isntagenic. Jadi, Brakseng ini memang cocok buat yang hobi dengan traveler, selfie atau landscape photography,” ungkapnya.

Tak berhenti di situ, lanjut Dian, pada saat pertama kali memasuki kawasan wisata puncak Brakseng, maka pemandangan pertama yang akan dilihat dan dinikmati adalah hamparan persawahan dengan sistem terasering yang hijau membuat mata tak henti-hentinya memandang.

“Ya, karena di Brakseng ini terdapat bermacam-macam tanaman sayuran mulai dari Kentang, Wortel, Kubis dan Brokoli. Selain itu, terdapat Bunga Edelweis juga terlihat dengan indahnya menghiasi sepanjang jalanan menuju ke lokasi wisata puncak Brakseng ini,” paparnya.

Namun, dirinya berpesan kepada para bikers yang berkunjung, yang perlu diperhatikan ketika disana adalah jangan sampai merusak tanaman yang berada di area persawahan milik para warga masyarakat setempat.

“Kita bisa mengabadikan diri dengan berswafoto di pinggir-pinggir jalan disepanjang jalan lokasi Brakseng, tapi jangan sampai turun ke sawah sebab hal itu dapat berpotensi merusak tanaman mikik para petani. Karena Ada beberapa aturan yang sudah dibuat dan wajib kita patuhi. Jadi sebaiknya, kita jika berkunjung jangan pernah melanggarnya. Jadilah bikers yang santun, dengan tidak sembarangan berfoto yang merusak tanaman para petani,” pungkasnya.

Sebagai informasi, meski termasuk tempat wisata baru di Kota Batu, di sekitar lokasi wisata puncak Brakseng sudah ada beberapa warung-warung yang menjual makanan. Bahkan juga terdapat kafe-kafe sebagai tempat nongkrong dan tempat ngopi di tengah perkebunan dengan view yang indah. Selain itu, di kafe tersebut juga menyediakan lahan tempat parkir yang tergolong luas, dan tentunya tidak ada biaya atau harga tiket masuk alias gratis. (Nda)

Bagikan Tautan

News Feed