Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Menjelang Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si dengan didampingi Wakil Wali Kota Batu Ir. H. Punjul Santoso, M.M melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Relokasi Kota Batu, pada Rabu (14/12/2022).

Sidak pasar ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga akan kebutuhan bahan-bahan pokok.

“Kita melihat situasi dan kondisi pasar, khususnya harga. Beberapa ada yang agak naik, tapi juga ada beberapa yang naik signifikan, terutama beras,” kata Budhe sapaan akrab Wali Kota Batu.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, bahwa secara garis besar, roda perekonomian di Pasar Relokasi Kota Batu yang diisi oleh para pedagang Pasar Besar Kota Batu masih berjalan kondusif, aman dan terkendali. Untuk persediaan bahan pokok masih aman hingga tahun depan.

“Memang tren ketika akhir tahun dan menyambut Hari Natal dan Tahun Baru seperti ini bahan pokok mengalami kenaikan, tapi untuk persediaan bahan pokok sampai tahun depan masih tersedia,” terang Dewanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Pemkot Batu Eko Suhartono menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Batu telah melakukan upaya untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok melalui pasar murah.

“Kami telah membuka pasar murah di setiap desa dan kelurahan secara bergilir, tujuannya untuk menyediakan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau,” tandas Eko.

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan, harga komoditas bahan pokok di Pasar Batu tercatat beras ada dikisaran harga Rp 11.500 ribu, Gula Pasir Rp13 ribu, Cabe Besar Rp 24 ribu, Minyak Goreng Rp 14 ribu, Daging Ayam Rp 33 ribu, Daging Sapi Rp 125 dan bawang putih Rp 22 ribu per kilogram. (Yan)

Share: