Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu mengumumkan secara resmi tiga nama yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) untuk menjadi calon Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, saat rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, pada Kamis (17/11/2022).

Tiga nama tersebut adalah Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Dr. Hudiyono, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Batu Drs. Zadim Efisiensi, M.Si.

Ketua DPRD Kota Batu Asmadi SP, bersama Wakil Ketua l, Nurrochman, dan Wakil Ketua II, Heli Suyanto menyampaikan, bahwa ketiga nama itu akan dibawa ke Kemendagri bersama tiga usulan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, termasuk tiga usulan dari Kemendagri itu sendiri. Dengan demikian, terdapat sembilan nama yang akan dibawa ke Tim Penilai Akhir (TPA).

“Para calon Pj Wali Kota dipilih dari Pejabat PNS Eselon 2 atau setingkat Kepala SKPD, dan pejabat yang dipilih tidak terbatas pada PNS Pemerintah Kota Batu,” kata Asmadi kepada awak media usai paripurna.

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, jika masa jabatan Wali Kota Batu Dra. Hj Dewanti Rumpoko, M.Si dan Wakil Wali Kota Batu H. Punjul Santoso, M.M akan berakhir pada 27 Desember 2022.

“Selanjutnya Kota Batu akan dipimpin penjabat selama kurang lebih dua tahun atau terpilihnya wali kota definitif,” ujarnya.

Asmadi menjelaskan, bahwa tidak ada juknis khusus dari pusat terkait pemilihan calon Pj Wali Kota Batu.

“Oleh karena itu, Pimpinan DPRD memberikan kewenangan kepada setiap fraksi DPRD Kota Batu untuk mengusulkan maksimal 3 nama calon. Usulan tersebut harus disampaikan secara tertulis selambat-lambatnya 15 November 2022 pada jam 12 WIB. Dari seluruh nama calon yang diusulkan, hari ini ditetapkan 3 nama calon dari DPRD Kota Batu melalui rapat paripurna. Setelah ditetapkan, usulan nama calon segera dikirim ke Kemendagri,” paparnya.

Pihaknya juga berharap, siapa pun penjabat wali kota nantinya bisa mengoptimalkan apa yang Pemerintah Kota sudah lakukan dan akan memimpin dengan Rencana Pembangunan Daerah Kota Batu (RPD) Tahun 2023-2026.

“Seluruh fraksi menyepakati tiga nama usulan calon Penjabat (Pj) Wali Kota Batu. Ketiga nama tersebut dinilai sebagai yang terbaik untuk menjadi calon Penjabat (Pj) Wali Kota Batu,” pungkas Asmadi. (Nda)

Share: