by

Festival Film Kominfo 2022, Pemenang Film Terbaik Kategori KIM “Wetoro” TV Desa Kelurahan Sisir

MALANG NEWS – Puncak ajang pemberian penghargaan untuk insan perfilman Kota Batu, Festival Film Kominfo 2022, digelar Senin malam (14/11/2022) di Cinepolis Lippo Plaza Batu. Kegiatan acara tersebut dihadiri berbagai tokoh masyarakat dan tokoh kebudayaan Kota Batu, kemeriahan acara berlangsung dari pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

Penghargaan ini diberikan kepada 30 film kiriman para sineas Kota Batu. Terdiri atas 5 sineas dari sekolah di Kota Batu, 7 sineas KIM TV Desa dan 18 sineas Kota Batu dari kategori umum.

Membuka acara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Onny Ardianto menyampaikan, bahwa Festival Film Kominfo 2022 diselenggarakan untuk meningkatkan semangat para sineas Kota Batu, agar lebih banyak berkarya.

“Sudah sepatutnya sineas Kota Batu menjadi tuan rumah di kampung sendiri. Batu akan menjadi kota yang mewadahi para sineas untuk berkarya dan terapresiasi,” ujar Onny dalam sambutannya.

Sebelum acara Festival Film Kominfo 2022 digelar, telah digelar pula acara “Ketemu Sineas” yang mempertemukan para sineas Kota Batu. Hasilnya, terbentuk komunitas sineas Kota Batu yang berada di bawah naungan Dinas Kominfo Pemerintah Kota Batu.

Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap para sineas Kota Batu yang telah mempersembahkan karyanya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga memberikan apresiasi terhadap Diskominfo Pemkot Batu dan panitia, itu atas terselenggaranya acara penghargaan untuk para pelaku industri perfilman di Kota Batu.

“Tentunya ini sangat luar biasa sekali acaranya, jadi pada tahun depan harus lebih baik lagi,” harap Budhe sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan ini, menantu almarhum Ebes Soegiyono inijuga mengumumkan para pemenang film terbaik FFK 2022 Kategori Umum, yaitu “Sampur” dari Akarasa Cinema.

Sementara untuk pemenang Film Terbaik Kategori KIM adalah “Wetoro” dari TV Desa Kelurahan Sisir. Sedangkan pemenang Film Terbaik Kategori Pelajar adalah “Kepeksan” dari SMK 3 Batu, dan pemenang Film Terbaik Favorit Masyarakat adalah “Nggayuh” dari SMPN 2 Kota Batu.

Dalam acara ini dianugerahkan pula Lifetime Achievement untuk tokoh seni Kota Batu, yaitu Ki Iswandi, pendiri Padepokan Gunung Wukir Kota Batu.

Berikut daftar pemenang penghargaan FFK 2022 Batu:

Editor Terbaik, “Sampur” Akarasa Cinema
Tata Suara Terbaik, “Mangsa Ketiga” Kaki Langit Picture. Skenario Terbaik, “Ora Ngiro” TV Desa Gunungsari. Penata Artistik Terbaik, “Dhan Yang” Cine Movement. Director of Photography Terbaik, “Biru putih” TV Desa Sumberbrantas.

Kemudian, Pemeran Pembantu Aktor Terbaik, “Aku Tresno Bantengan” Ibunya Tri dari SMAK Yos Sudarso. Sutradara Terbaik, “Wetoro” TV Desa Kelurahan Sisir. Aktor Terbaik, Tokoh Wursito, “Urip Urup” dari Samagata Creative. Aktris Terbaik, Tokoh Dinda, “Ora Ngiro” dari TV Desa Gunungsari. Outlook Poster Terbaik, “Nggayuh” SMPN 2 Batu. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed