by

Kasat Lantas Polres Batu AKP Lya, Pandu Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Simpang Empat Batos

MALANG NEWS – Ada pemandangan yang tidak biasa di Simpang empat Batos, Kecamatan Batu, Kota Batu pagi tadi. Pasalnya, seluruh pengguna jalan di lokasi berhenti sejenak untuk mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pemandangan tersebut terlihat sekitar pukul 08.15 WIB yang berlangsung selama lima menit, pada Kamis (10/11/2022).

Kegiatan tersebut dipandu langsung Kasat Lantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati, S.I.K. Meski dilakukan di jalan, Upacara Hari Pahlawan di jalan raya kali ini terlihat cukup khidmat.

Tidak hanya para pengguna jalan saja, bahkan tukang ojek yang mangkal di sekitar simpang empat Batos juga turut keluar ke jalan untuk mengikuti. Para pengguna jalan dari empat arah berhenti di masing-masing lampu merah di simpang empat tersebut.

Mereka bersama tampak mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November ke-77 tahun 2022.

Kasat Lantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati, S.I.K menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut sebagai instruksi dari Kapolda Jatim, untuk upacara di simpang-simpang jalan dengan mengajak tokoh masyarakat, para pelajar dan lainnya.

“Tadi kami laksanakan dengan khidmat mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selain itu, kami juga membagikan bunga mawar kepada para pengguna jalan, dengan tujuan untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” terang AKP Lya kepada awak media.

Pihaknya berharap, melalui Upacara Hari Pahlawan yang dilakukannya bersama para pelajar dan pengguna jalan, bisa menanamkan rasa nasionalisme dan mampu mengingat jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan bagi Republik Indonesia.

“Intinya kami ingin memberikan motivasi kepada para pelajar serta masyarakat untuk mencintai tanah air, untuk mengenang jasa pahlawan dan untuk membangkitkan jiwa nasionalismenya. Jadi, adik-adik sudah terdidik mulai sekarang,” jelas AKP Lya.

Salah seoarang pengguna jalan Bagus Erlangga (41) mengaku baru kali ini mengikuti upacara di jalan raya. Meski begitu, ia senang karena tetap bisa mengikuti Upacara Hari Pahlawan dengan khidmat.

“Ya ini baru pertama kali. Rasanya ya sama seperti upacara lainnya, tetap khidmat. Ini menjadi cara lain untuk mengenang jasa bagi para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan,” tandas Erlangga. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed