by

Kabiddokkes Polda Jatim, Hadiri Acara Program Bhayangkara Prioritas di RS Bhayangkara Hasta Brata Batu

MALANG NEWS – Kabiddokkes Polda Jatim KBP dr. Erwin Zainul Hakim menghadiri acara Program Bhayangkara Prioritas yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Hasta Brata Batu Jalan Kartini No. 1 Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jum’at (23/9/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kabiddokkes Polda Jatim KBP dr. Erwin Zainul Hakim, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Batu drg. Kartika Tri Sulandari dan Kepala Dinas Sosial Pemkot Batu Drs. Ririk Mashuri

Dalam sambutannya, Kabiddokkes Polda Jatim KBP dr. Erwin Zainul Hakim menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Batu, Kadinkes dan Kadinsos Kota Batu.

“Terimakasih karena tidak semua tempat ada Pak Kapolres, ini malah ada Pak Kapolres, Kadinkes dan Kadinsos, ini merupakan kehormatan bagi kami dan jajaran Biddokkes Polda Jatim,” ujar KBP dr. Erwin sapaan akrab Kabiddokkes Polda Jatim.

Menurutnya, di Jawa Timur pihaknya mempunyai sepuluh Rumah Sakit Bhayangkara, dua rumah sakit tipe B dan yang lainnya tipe C.

“Kemudian kami ada tiga fungsi sebenarnya dalam pelayanan, yang pertama adalah Fungsi Dokpol dimana Dokpol orang tahunya ya autopsi. tapi karena kami modifikasi beberapa kali akhirnya salah satunya adalah mitigasi bencana,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, yang kedua ialah Kespol, mungkin yang belum banyak diketahui bahwa dengan adanya sepuluh rumah sakit bagi Rayonisasi.

“Kami berusaha seluruh anggota bisa melaksanakan Rikkes, kalau ada yang belum melaksanakan tolong disampaikan kepada kami dan kami berharap dapat melaksanakan Rikkes minimal setahun sekali,” imbuhnya.

Kabiddokkes Polda Jatim KBP dr. Erwin Zainul Hakim juga menyampaikan, bahwa untuk anggota yang sakit kronis dapat melaksanakan Rikkes setahun dua atau tiga kali. Dikarenakan rumah sakitnya hanya ada sepuluh holding apabila tidak mampu dalam pembiayaannya akan dimintakan ke rumah sakit yang lebih besar.

“Rumah Sakit Bhayangkara Kediri itu nomor dua terbesar Bhayangkara se-Indonesia sedangkan Surabaya nomor empat, semisal ada pembiayaan ganti tulang lutut dan apa yang memang berat insyaallah nanti kami tanggung,” kata KBP dr. Erwin.

Fungsi Sosial Kemanusiaan, lanjut dia seperti yang dilaksanakan sekarang, berawal Bhayangkara Prioritas.

“Ya, karena ternyata pada saat pandemi Covid-19 ada 7700 anak yatim orang tuanya meninggal karena Covid-19, kita kerja sama dengan DP3AK untuk BPJS nya kita yang membiayai, namun harus diverifikasi karena kita kerjasama dengan BPJS dia dikeluarkan dari KK, jadi kita tidak menanggung semuanya hanya anak itu dan tunggakan anak itu,” sambungnya.

Dalam perjalanannya program tersebut berkembang sebagai contoh di Bondowoso rumah sakit dugunakan untuk penyakit kanker, di Nganjuk untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), di Lumajang untuk Stunting, sedangkan untuk rumah sakit Bhayangkara yang ada di Batu potensi untuk Psikososial.

“Ke depan melalui Bhabinkamtibmas melalui Kadinsos ada hal-hal tertentu mohon dibantu kami siap untuk mendukung, supaya kita bisa bekerjasama. Kita percaya rumah sakit BLU itu ada tiga peran salah satunya fungsi sosial ada kesejahteraan karyawan ada pelayanan prima, karena salah satu fungsi peran Polri adalah Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), sehingga kita berharap rumah sakit Bhayangkara ini dimanfaatkan untuk apapun kegiatan-kegiatan sosial,” tutup KBP dr. Erwin.

Seusai acara Bhayangkara Prioritas tersebut, Kabiddokkes Polda Jatim KBP dr. Erwin Zainul Hakim didampingi Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, Karumkit RS. Bhayangkara Hasta Brata Batu Kompol drg. Wahyu Ari Prananto dan Wakarumkit dr. Wiwin Indriyani, melaksanakan besuk dan home visite pasien yang sakit. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed