by

Pilkades Pesanggrahan Kota Batu Berlangsung Kondusif, M. Anwar: Tingkat Partisipasi 80 Persen

MALANG NEWS – Pilkades serentak di Kota Batu digelar di lima desa, yakni Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu dan Kecamatan Bumiaji ada di Desa Pandanrejo, Bulukerto, Sumbergondo, dan Sumberbrantas.

Dari pantauan awak media, nampak pemilih berbondong-bondong hadir menggunakan hak pilihnya.

Dari data hitungan cepat sementara, tingkat partisipasi pemilih ke lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 80 persen.

Perhitungan suara di TPS telah selesai dan masing- masing panitia telah mengirimkan hasil pemilihan ke balaidesa, untuk selanjutnya dilaksanakan rekapitulasi, perhitungan, dan penetapan suara di tingkat desa.

Situasi dan kondisi di Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu berjalan aman, tertib, dan kondusif.

Panitia Pilkades, dibantu gabungan personil Polres dan TNI Koramil Batu, Linmas, dan Lembaga Masyarakat turut mengamankan proses jalannya Pilkades.

“Alhamdulillah, sebagai warga kami turut bersyukur proses pemungutan suara berjalan kondusif. Pesan kami kepada kepala desa atau petinggi terpilih, kami titipkan amanat dari hak pilih yang telah kami tunaikan. Tingkat partisipasi yang tinggi ini adalah bukti, bahwa warga Desa Pesanggrahan sangat antusias,” kata M. Anwar, salah seorang warga RW 09, Dusun Srebet Timur, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (28/8/2022).

Dirinya mengatakan, bahwa dari hal tersebut dapat disimpulkan jika kepedulian warga terhadap masa depan desa amat besar dan tinggi.

“Artinya, ini bukti bahwa warga memiliki kepedulian terhadap perkembangan desanya untuk masa depan. Warga desa turut urun, ya membakti, ya kontribusi, termasuk mengkritisi jika ada kurang tepatnya tata kelola roda pemerintahan. Semoga bisa menjalani amanah jabatan sebagai pelayan masyarakat,” paparnya.

Sebagai informasi, Pilkades ini total menggunakan TPS 26 bilik. DPT sebanyak 9771 orang, pemilih yang hadir 7119 orang dan tidak hadir 2652 orang.

Sedangkan perolehan suara Imam Wahyudi 2.871, Moestari 2.400, Sugeng Subagya 790, Sutarno 267,  Rosihan 704. Untuk suara sah 7032, dan suara tidak sah 87.

Untuk penempatan TPS di Dusun Toyomerto ada TPS 1 dan 2, Dusun Wonocari TPS 3, 4, 5, 6, Dusun Srebet Barat TPS 7 – 11, Dusun Srebet Timur TPS 12-18, Dusun Krajan TPS 19-22, dan Dusun Macari TPS 23-26.

Untuk pengesahan, penetapan hasil secara final dan resmi, masih menunggu rapat akhir seluruh panitia dan pihak terkait. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed