by

Kombes Pol. Buher, Berikan Kuliah Wawasan Kebangsaan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

MALANG NEWS – Kota Malang adalah Kota Pendidikan, sebutan yang identik bagi Kota Malang. Saat ini seperti yang diketahui bersama, bahwa Kota Malang memiliki 63 perguruan tinggi, dimana pada Agustus 2022 hampir seluruh perguruan tinggi di Kota Malang menggelar PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) bagi peserta didik barunya.

Salah satunya adalah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang memulai kegiatan orientasi kampus pada 22 Agustus hingga 25 Agustus 2022.

Pada hari kedua kegiatan PBAK 2022 UIN Malang, pihak panitia mengundang tamu orang nomor satu di jajaran Polresta Malang Kota, yakni Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si sebagai narasumber, pada Selasa (23/8/2022).

Di hadapan kurang lebih 3862 mahasiswa baru UIN Malang, Kombes Pol. Buher sapaan akrabnya yang hadir dalam acara PBAK 2022 menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan, dan sekaligus mensosialisasikan aplikasi Jogo Malang Presisi, yaitu aplikasi yang mengintegrasikan berbagai layanan bagi masyarakat dalam satu kemudahan.

Dalam materinya, mantan Kapolres Batu ini memberikan tips mengenai cara untuk merajut sebuah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Harus kita semua sama-sama pahami tentang bagaimana cara agar kita dapat merajut persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu dengan cara menanamkan wawasan kebangsaan yang kuat, pendidikan berkarakter, dan pendidikan berbasis keluarga,” tegas Kapolresta Malang Kota.

Dirinya menambahkan, selain tentang bagaimana merajut sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Tentunya wawasan kebangsaan juga meliputi tiga unsur, yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan yang harus ditanamkan terutama pada generasi muda,” imbuhnya.

Dihadapan sekitar 3862 mahasiswa dan mahasiswi baru UIN Malang, Kapolresta Malang Kota juga memberikan motivasi terkait dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Karena merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang wajib dipahami oleh seluruh masyarakat, agar dapat dijadikan panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur sejahtera dan bermartabat dengan mengusung konsep 4 pilar,” paparnya.

Sebagai generasi muda yang merupakan generasi masa depan bangsa, masih kata Kombes Pol Buher, tentunya wajib memahami empat pilar landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Yaitu mulai dari Pancasila, UUD 1945 NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” urai Kapolresta Malang Kota.

Menurutnya, mahasiswa baru yang ada di seluruh perguruan tinggi di Kota Malang tentunya bukan hanya berasal dari Kota Malang saja.

“Tetapi tak sedikit dari mereka juga merupakan pendatang dari berbagai kota yang ada di Indonesia. Yang mana para mahasiswa memerlukan berbagai layanan cepat dan mudah,” tukas Kombes Pol. Buher.

Dalam kesempatan PBAK 2022 UIN Malang, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Buher juga turut mensosialisasikan dan memberikan edukasi tentang aplikasi Jogo Malang Presisi.

“Mengawal visi dan misi dari Bapak Presiden RI Joko Widodo, yaitu jadikan birokrasi yang melayani dan berkelas dunia tentunya menjadi pijakan kuat kita sebagai anggota kepolisian, dengan tujuan untuk dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, karena hal itu merupakan tugas utama kami,” tegas Kombes Pol. Buher.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara Prima, dikatakan Kombes Pol. Buher, Polresta Malang Kota meluncurkan sebuah aplikasi yang dapat diandalkan oleh masyarakat Kota Malang, yaitu aplikasi Jogo Malang Presisi.

“Saya harap nanti seluruh civitas akademika yang ada di UIN Maulana Malik Ibrahim Kota Malang ini dapat memanfaatkan aplikasi Jogo Malang Presisi, karena memiliki fitur lengkap mulai dari aneka layanan Kepolisian, pelayanan pariwisata, layanan pengaduan dan informasi umum lainnya. Nanti teman-teman jika dalam situasi yang membutuhkan layanan kepolisian dengan cepat dapat memanfaatkan fitur andalan aplikasi Jogo Malang Presisi, yaitu panic button. Pasti anggota yang saat itu bertugas akan langsung mendatangi laporan dari teman-teman,” imbaunya.

Aplikasi Jogo Malang Presisi, dijelaskan Kombes Pol. Buher, merupakan pusat segala solusi bagi masyarakat yang telah terintegrasi dan kolaborasi antara Pemerintah Kota Malang dengan Polresta Malang Kota, serta instansi terkait untuk bersama-sama membantu program kerja pemerintah.

“Aplikasi ini sengaja diciptakan untuk memberikan banyak manfaat bagi masyarakat akan pelayanan yang diberikan dapat lebih praktis, cepat, tepat, dan mudah dijangkau karena dapat diakses secara gratis secara 24 jam,” tutup Kombes Pol. Buher. (And)

Bagikan Tautan

News Feed