by

Batu Flower Garden Bangun Wahana Baru, Umam: Masih Kami Rahasiakan, Surprise!

MALANG NEWS – Kota Batu yang dikenal sebagai Kota Wisata, diketahui saat ini para investor maupun pelaku usaha wisata terus menambah jumlah dan jenis destinasi wisata untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung.

Pada 2016 silam, di Kota Batu telah dibuka sebuah tempat wisata bertajuk wisata alam dan wisata spot foto.

Obyek wisata yang dikenal dengan nama Batu Flower Garden (BFG) ini sekarang telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Batu, khususnya Malang Raya dan Jawa Timur pada umumnya.

Wahana Wisata Alam Batu Flower Garden yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu pasca dua tahun pandemi Covid-19 mengalami kenaikan jumlah pengunjung secara signifikan.

Kenaikan pengunjung secara drastis tersebut diperkirakan mencapai 70 persen, jika dibandingkan pada kunjungan bulan sebelumnya.

Manager Marketing Batu Flower Garden (BFG) Muhammad Nurul Umam menuturkan, jika tingkat kunjungan mengalami kenaikan pesat.

“Wahana wisata Batu Flower Garden mengalami peningkatan, terutama pada weekend dan high session. Pasca pandemi memang lumayan banyak pengunjung, dibandingkan pada saat pandemi dua tahun lalu sangat sepi,” tuturnya kepada awak media, Minggu (21/8/2022).

Menurutnya, saat ini di Batu Flower Garden (BFG) sedang membangun beberapa company wahana wisata lainnya, namun pihaknya saat ini masih merahasiakan.

“Memang saat ini kami sedang membangun beberapa wahana lagi, tapi masih kami rahasiakan dulu. Ya, sekedar buat kejutan dengan target tahun baru 2023 sudah selesai,” paparnya.

Pihaknya mengungkapkan, jika mayoritas wisatawan yang berkunjung berasal tidak hanya berasal dari Malang Raya saja.

“Para wisatawan juga ada yang dari luar kota seperti Jakarta, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan beberapa kota-kota di Indonesia,” bebernya.

Meski demikian, saat ini pihaknya mengakui jika tetap selalu melakukan perawatan pada wahana yang ada.

“Ya, hal ini kami dilakukan demi untuk mempertahankan kualitas wahana di Batu Flower Garden, agar terawat dan bersih. Sehingga para wisatawan yang berkunjung merasa puas dan nyaman, tentunya dengan service yang kita berikan,” pungkas Umam sapaan akrabnya.

Sekilas Tentang Batu Flower Garden

Batu Flower Garden dibangun dengan konsep memadukan wisata alam dan wisata foto. Selain itu, tersedia juga berbagai macam wahana permainan untuk memberikan pilihan aktivitas bagi para pengunjungnya.

Batu Flower Garden terletak di lereng Gunung Panderman. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, sehingga sangat nyaman sebagai tempat bersantai melepaskan kepenatan.

Sambil menikmati sejuknya udara khas pegunungan, para wisatawan yang datang ke tempat ini bisa befoto di spot-spot yang telah di sediakan.

Setelah itu, kemudian bisa menikmati keseruan di berbagai wahana permainan mulai dari yang menghibur hingga yang sedikit ekstrem.

Wahana Batu Flower Garden

Ada banyak sekali wahana yang bisa dicoba pengunjung di tempat wisata ini. Karena konsepnya memang perpaduan antara alam dan wisata foto, maka aktivitas di tempat ini juga sebagian besarnya tidak jauh-jauh dari kegiatan berfoto.

Berikut ini beberapa wahana populer di Batu Flower Garden

Wahana Gardu Pandang

Ada berbagai macam bentuk gardu pandang yang disediakan pengelola. Salah satunya yang paling diminati para pengunjung adalah gardu pandang yang berbentuk tulisan “I Love U”.

Saking banyaknya peminat gardu pandang yang satu ini, para pengunjung bahkan harus rela antri berjam-jam untuk bisa mencoba berfoto di atasnya.

Untuk berfoto pengunjung bisa memanfaatkan jasa fotografer yang sudah disiapkan di lokasi.

Namun jika pengunjung ingin lebih puas, pengunjung juga diizinkan untuk mengambil foto sendiri dengan kamera mereka sendiri. Jadi memang sebaiknya siapkan kamera sendiri saja, agar bisa berfoto sepuasnya.

Wahana Ayunan Ekstrem

Ada dua jenis ayunan yang tersedia di obyek wisata alam Batu Flower Garden. Ayunan pertama merupakan ayunan ekstrem yang akan sedikit menguji adrenaline pengujung, karena saat menaikinya pengunjung akan belayang di atas jurang sedalam 50 meter.

Meski cukup menakutkan, namun ayunan ekstrem ini juga cukup banyak peminatnya untuk berfoto di atas ayunan ekstrem ini.

Kemudian juga ada ayunan khusus anak yang desain dan ketinggiannya menyesuaikan, agar aman untuk dinaiki anak-anak. Ayunan anak ini bisa dicoba sebagai salah satu spot foto yang cukup unik.

Daya tarik berfoto di ayunan ini adalah para wisatawan bisa menikmati sensasi melayang, sambil berfoto dengan background jurang dan aneka macam pepohonan hijau.

Wahana Hammock

Wahana yang satu ini hampir selalu pengunjung temukan di setiap tempat wisata, yang menyajikan keindahan alam dan spot foto sebagai daya tariknya.

Wahana hammock di Batu Flower Garden bentuknya bermacam-macam. Ada yang disusun bertingkat, dan ada juga yang hanya berupa sebuah hammock sebagai tempat istirahat.

Namun, yang sering dijadikan spot foto adalah hammock yang dibuat bersusun karena rupanya di wahana ini para pengunjung bisa melakukan berbagai gaya berama-ramai. Selain itu, ada juga hammock mini yang disediakan khusus untuk anak-anak.

Wahana Sky Bike

Wahana Sky Bike ini adalah salah satu wahana ekstrem yang cukup menguji adrenaline.

Di wahana ini pengunjung akan menaiki sepeda kayuh yang seolah berjalan di udara, namun sebenarnya berjalan di atas sling baja.

Para pengujung bisa menikmati keindahan bunga-bunga di Batu Flower Garden dari atas wahana Sky Bike ini.

Selain itu, berfoto di atas Sky Bike juga tidak kalah menariknya karena dapat menghasilkan gambar atau foto yang cukup unik.

Wahana Balon Udara

Wahana yang juga cukup populer sebagai tempat berfoto di Batu Flower Garden adalah wahana balon udara. Seperti namanya, wahana ini berbentuk replika balon udara lengkap dengan tempat penumpang dan juga balonnya.

Meskipun hanya replika, namun jika pandai mengambil angle yang tepat, foto anda di wahana ini akan terlihat benar-benar seperti sedang melayang bersama balon udara.

Selain wahana populer di atas, di Batu Flower Garden masih ada puluhan wahana lain yang bisa dicoba. Wahana tersebut antara lain Tree Top, Eskimo, Kursi Terbang, Climbing, ATV offroad dan ATV mini.

Fasilitas Umum Batu Flower Garden

Fasilitas umum yang tersedia di tempat wisata ini juga sudah cukup memadai. Pengelola Batu Flower Garden sudah menyediakan fasilitas antara lain Area Parkir, Musala, Toilet, Warung Makan, dan Camping Ground.

Batu Flower Garden sangat cocok untuk tujuan berlibur bagi muda-mudi maupun keluarga yang sedang hobi foto.

Meski begitu, para pengunjung dewasa dan rombongan keluarga juga bisa saja datang ke tempat ini karena suasananya yang cukup nyaman sebagai tempat wisata keluarga.

Bagi anda para wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Batu Flower Garden.

Penasaran seperti apa fasilitas yang ditawarkan di Batu Flower Garden? Yuk buruan kunjungi. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed