Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Dalam rangka momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, komunitas penyandang disabilitas di Kota Malang menganugerahi Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si sebagai Bapak Disabilitas Kota Malang.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lobi Polresta Malang Kota, pada Rabu (17/8/2022) dan dikemas dengan konsep kejutan.

Sehingga, Kombes Pol Budi Hermanto atau akrab dipanggil dengan Kombes Pol Buher, tidak mengira akan mendapat penganugerahan itu.

Mewakili komunitas penyandang disabilitas yang hadir, Sekretaris Difabel Creative Community (DC²) Kota Malang, Dwi Lindawati menjelaskan secara detail terkait pengukuhan tersebut.

“Jadi kami melihat, sosok Kapolresta Malang Kota ini rutin membantu teman-teman disabilitas. Mulai dari kebutuhan, keluhan maupun kesulitan dari teman-teman disabilitas, beliau langsung cepat bergerak merespon tanpa banyak bicara,” ujarnya.

Berbekal dari kepedulian itulah, komunitas penyandang disabilitas di Kota Malang sepakat menganugerahi apresiasi kepada Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto.

“Dan bertepatan pada momen HUT RI Ke-77 ini, kami memberikan apresiasi serta menobatkan Kombes Pol Budi Hermanto sebagai Bapak Disabilitas Kota Malang,” tambahnya.

Dwi Linda berharap, langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kombes Buher ini dapat diadopsi serta diterapkan di instansi-instansi lainnya.

“Sebagai contoh, Polresta Malang Kota telah memberikan kesempatan bekerja  penyandang disabilitas tanpa melihat dari sisi pendidikan. Tetapi, justru melihat dari sisi skill atau kemampuan yang dimiliki penyandang disabilitas. Jadi kami berharap, instansi-instansi lainnya dapat meniru apa yang telah dilakukan oleh BuHer. Lihat skillnya dan jangan lihat fisiknya, beri kesempatan mereka untuk bekerja dan berkarya,” harapnya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto , S.I.K., M.Si mengucapkan terimakasih atas apresiasi dan pengukuhan yang telah diberikan oleh komunitas disabilitas di Kota Malang.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi dari rekan-rekan disabilitas yang telah mengukuhkan saya sebagai Bapak Disabilitas Kota Malang. Jujur kami tidak mengira akan mendapatkan anugerah ini, karena yang telah kami lakukan ini, bukan karena berlandaskan kasihan, namun lebih kepada memberikan kesempatan yang setara sesuai dengan potensi dan skill saudara-saudara disabilitas ini miliki,” ujar Kombes Pol Buher.

Mantan Kapolres Batu ini juga menambahkan, bahwa pihaknya telah membuat program Makota Sigap (Polresta Malang Kota Donasi Gerakan Peduli). Dimana program gerakan donasi itu tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat, namun juga penyandang disabilitas.

“Makota Sigap itu adalah saluran untuk teman-teman menyalurkan donasinya kepada yang membutuhkan, dan kita wujudkan dalam bentuk barang. Seperti tadi, ada salah satu teman disabilitas yang hampit tidak pernah keluar rumah selama 30 tahun,” ungkapnya.

Dengan adanya bantuan kursi roda dari Makota Sigap, saat ini bisa melihat dunia luar. “Maka dari itu, kami ingin hal-hal seperti ini, bisa menjadi contoh bagi instansi lainnya agar dapat lebih peduli dan menghargai kondisi saudara-saudara kita penyandang disabilitas,” imbuh Kombes Pol Buher.

Sekali lagi, pihaknya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada rekan-rekan Disabilitas Kota Malang yang telah memberikan Anugerah tersebut.

“Semoga ini dapat menjadi pelecut semangat bagi kami dan anggota Polresta Malang Kota, untuk terus dapat menggandeng saudara kita Penyandang Disabilitas agar bisa berkontribusi sesuai dengan keahlian yang di milikinya,” tandas Kombes Pol Buher. (And)

Share: