by

Vaksinasi PMK Tahap 2, Kapolres Batu AKBP Oskar: Diutamakan untuk Hewan Ternak yang Sehat

MALANG NEWS – Dokter hewan bersama Tim Vaksinator terus melakukan penyuntikkan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap kedua di wilayah hukum Polres Batu.

Pemerintah Kota Batu telah menerima bantuan 10 ribu dosis vaksin PMK tahap kedua, guna mengantisipasi serta mengendalikan penyebaran PMK di Kota Batu.

Menurut Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T bahwa vaksinasi ini tidak terfokus pada daerah yang sudah ada kasus PMK saja, tapi juga di daerah yang bebas PMK. Dan utamanya pada hewan ternak sapi yang sehat.

“Memang dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Petugas kepolisian dan Satgas PMK terus melakukan berbagai daya dan upaya. Selain tetap melakukan penjagaan di perbatasan, juga melakukan pengobatan dan pencegahan,” kata AKBP Oskar disela-sela kegiatan pada Selasa (2/8/2022).

Mantan Kasat Lantas Polres Batu ini menambahkan, selain itu, Tim Vaksinator yang terdiri dari Dokter Hewan, Vaksinator Si Dokkes, Babinsa, Bhabinkantibmas, BPBD, Koas FKH UWK, Mahasiswa Unitri dan TPP terus bergerak melakukan vaksinasi ternak di wilayah yang berbeda-beda.

“Tim Vaksinator yang terbagi 5 tim ini terus melakukan penyisiran setiap hari dalam rangka menuntaskan target vaksin untuk hewan ternak, juga sekaligus untuk memutus mata rantai PMK ternak di wilayah hukum Polres Batu,” pungkasnya.

Sementara itu, dari kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh Tim Vaksinator telah menyisir hingga ke wilayah Desa Songgokerto, Desa Oro-oro Ombo, Desa Tlekung, Desa Tulungrejo, Desa Punten, Desa Bulukerto dan Desa Gunungsari dengan target totalĀ  872 ekor ternak sapi. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed