by

Peringati Hari Harimau Sedunia, JTP Group Ajak Pengunjung Tanda Tangan, Titik S. Ariyanto: Bukti Komitmen Bersama

MALANG NEWS – Sejak pertama kalinya digagas di Saint Petersburg Tahun 2010, Hari Harimau Sedunia menjadi perhatian bagi banyak pihak. Hal ini mengingat masalah kelestarian kucing besar
pertama dalam urutan ukuran tubuh ini mengalami angka krisis.

Dari sembilan Subspesies Harimau kini
hanya tinggal enam Subspesies yang masih hidup. Di Indonesia sendiri kita mengenal Harimau Sumatera, yang kini status konservasinya critically endangered dan menjadi satwa yang dilindungi.

Sejarah panjang tentang harimau di Indonesia memang memprihatinkan, Harimau Bali telah dinyatakan
punah pada tahun 1930-an, menyusul Harimau Jawa yang dinyatakan punah pada awal tahun 1980-an. Kehilangan habitat, perburuan, dan perdagangan besar-besaran menjadi alasan yang menyakitkan bagi satwa yang melambangkan kekuatan ini.

Harimau banyak diburu untuk diambil
organ dan kulitnya yang kemudian dijual untuk dijadikan ornamen atau bahkan bahan tekstil. Bahkan ada masyarakat yang masih percaya, bahwa tulang harimau dapat menyembuhkan beberapa
penyakit.

Manajer Marketing and Public Relations Jawa Timur Park Group, Titik S. Ariyanto menjelaskan, sebagai salah satu Lembaga Konservasi di Indonesia, Jawa Timur Park 2 juga turut peduli dengan kelestarian satu-satunya harimau endemik Indonesia yang tersisa.

“Ya, dalam peringatan Hari Harimau
Sedunia tahun ini, kami mengajak para pengunjung juga ikut berkomitmen untuk menjaga kelestarian harimau dalam bentuk 1.000 Tanda Tangan, sebagai bukti Komitmen Bersama besok, Sabtu (30/7/2022) dengan tujuan untuk Menjaga Konservasi Harimau,” terang Mbak Yu sapaan akrabnya, melalui rilis yang diterima awak media, pada Jumat (29/7/2022).

Wanita yang telah mengabdi di Jawa Timur Park Group selama 25 tahun ini menambahkan, hal itu sebagai upaya untuk melestarikan satwa tersebut.

“Karena tentu saja ini tidak dapat kami lakukan sendiri tanpa adanya sinergi dan
kesadaran dari seluruh komponen masyarakat,” imbuh dia.

Menurutnya, acara akan dibuka dengan show oleh Tim Entertain Jawa Timur Park 2 di Main Gate Batu Secret Zoo
pada pukul 09.30 WIB dan dilanjutkan dengan Drama Teaterikal, serta dilanjutkan juga dengan Flashmob sebagai opening event.

“Nantinya untuk penandatanganan akan dihadiri oleh seluruh Manager
Operasional Jawa Timur Park 2, Bapak Agus Mulyanto dan juga seluruh Head Departemen Jawa Timur Park 2, lalu dilanjutkan dengan penandatanganan oleh pengunjung,” ungkapnya.

Sementara itu, Guest Relations Officer Jawa Timur Park 2, Edo Pratama juga menyampaikan, bahwa 10 pengunjung beruntung yang berpartisipasi dalam event campaign, akan mendapatkan merchandise spesial dari Jawa Timur Park 2.

“Setelah acara penandatanganan, event dilanjutkan dengan pemberian enrichment di Exhibit Harimau Sumatera pada pukul 12.00 WIB hingga 12.30 WIB. Acara ini adalah salah satu bentuk perhatian kami kepada satwa di dunia, sekaligus mengajak seluruh masyarakat khususnya pengunjung Jawa Timur Park 2 untuk selalu menjaga kelestarian alam dan habitat harimau,” tandasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed