by

Tekan Pelanggaran Personel, Kapolres Batu AKBP Oskar Cek Kondisi dan Administrasi Senpi Dinas

MALANG NEWS – Sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan Senjata Api (Senpi) dinas yang dilakukan oleh Personel, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K didampingi Wakapolres Batu Kompol Iswahab dan Kasipropam Ipda Fredi, melaksanakan pemeriksaan terhadap Personel Polres maupun Polsek Jajaran yang memegang Senpi dinas di halaman Mapolres Batu, pada Selasa (26/7/2022) pukul 09.00 WIB.

Pemeriksaan Senpi dinas ini rutin dilakukan untuk mengecek kelengkapan amunisi, senjata itu sendiri dan masa berlaku kartu tanda kepemilikan Senpi dinas. Tak hanya itu, bahkan kebersihan Senpi juga menjadi salah satu sasaran yang ditekankan dan diperiksa oleh orang nomor satu di Polres Batu itu.

“Kondisi senjata api dan surat izin pemegang Senpi menjadi salah satu sasaran dalam pemeriksaan kali ini, serta anggota diharapkan berpedoman terhadap Perkap Kapolri dalam penggunaanya,” kata Kapolres Batu AKBP Oskar sapaan akrabnya.

AKBP Oskar juga memperlisahkan kepada Kasi Propam Polres Batu, untuk melakukan sosialisasi kepada anggotanya.

“Ya, salah satunya tentang Perkap No. 1 Tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian,” tegasnya.

Mantan Kasat Lantas Polres Batu ini menambahkan, kepada seluruh anggota yang memegang senjata api secara periodik, akan dicek kondisi fisik senjata dan admintrasi pendukungnya.

“Kepada seluruh personel yang memegang Senpi dinas agar selalu hati-hati dalam penggunaannya, dan apabila ada permasalahan dengan kepribadiannya lebih aman Senpi dikembalikan, agar tidak terjadi penyalahgunaan Senpi,” pungkas AKBP Oskar. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed