Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Lanjutkan terobosan para pucuk pimpinan Polres Batu sebelumnya dalam merawat hubungan dengan semua lapisan masyarakat. Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K baru sepekan menjabat terus blusukan silaturahmi kepada para tokoh di Kota Batu, Jumat (22/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Batu selain mengenalkan diri sebagai warga baru di Kota Batu, ia juga memohon doa restu dan dukungan dalam melaksanakan tugas sebagai pucuk pimpinam Polres Batu.

AKBP Oskar mengakui, jika tugas maupun segala kegiatan Polres Batu semua tidak terlepas dengan adanya dukungan dan kerjasama lapisan masyarakat termasuk kalangan tokoh agama, tokoh masyarakata dan ormas, guna mewujudkan Sitkamtibmas di Kota Batu.

Hal tersebut, disampaikan AKBP Oskar saat silaturahmi kepada Endro Wahyu Wijoyo, Ketua MPC Ormas PP Kota Batu di Jalan Imam Bonjol.

“Namanya orang baru, paling tidak harus silarurahim kepada tokoh-tokoh. Pertama ke Forkopimda terutama harus sowan karena menciptakan suatu kondisi dan situasi Kamtibmas, Polri tidak bisa sendiri,” kata AKBP Oskar.

Pihaknya berharap, adanya suatu bentuk dukungan dari Pemda dan dari tokoh masyarakat, agama dan ormas, seperti Ormas PP.

“Bagaimana bisa bersama-sama  merangkul semua potensi yang ada di Kota Batu, sehingga situasi Kamtibmas yang kita harapkan bisa terwujud, aman dan kondusif,” papar dia.

AKBP Oskar mengungkapkan, jika dirinya baru satu Minggu berdinas di Kota Batu. Maka dari itu, iapun berharap agar hubungan sinergitas melalui sialturahmi ini akan tetap dirawat dan meneruskan dari Kapolres sebelumnya, yang sudah ada hubungan baik dengan semua pihak.

“Jadi harus dilanjutkan sering bersilaturahim dengan para tokoh-tokoh yang ada di Kota Batu,” katanya.

Ketika disinggung terkait dirinya sudah pernah menjabat di Polres Batu sebagai Kasat Lantas, sehingga sudah mengetahui situasi dan kondisi di Kota Batu.

“Kalau dulu kan levelnya Kasat Lantas. Jadi hanya fokus pada lalu lintasnya. Kalau sekarang kan levelnya berbeda. Jadi, mengurusi situasi Kamtibmas yang ada di wilayah hukum Kota Batu,” tegasnya.

AKBP Oskar menambahkan, bukan hanya faktor lalu lintas saja, terlebih menurutnya Kota Batu adalah daerah wisata, dan lalu lintasnya pastinya otomatis juga sangat berpengaruh.

“Tetapi Kantibmas lainnya seperti kriminalitas, itukan harus menjadi perhatian saya. Makanya itu salah satu pola saya untuk bisa mencipkan Kantibmas secara keseluruan. Baik itu kriminalitas maupun kejadian atau ada hal yang lain,” ungkapnya.

Oleh karena itu, diakuinya jika pihaknya sedang merangkul semua pihak-pihak yang lain.

“Paling tidak kalau ada sesuatu saling komunikasi dan koordinasi dalam memecahkan suatu permasalahan, sehingga Polri tidak sendiri karena didukung dengan yang lain,” bebernya.

Dengan komunikasi bisa dijaga, menurutnya agar hubungan silaturahim bisa terlaksana, sehinga permasalahan yang ada di masyarakat yang akan berdampak situasi pada hal yang lebih besar bisa diatasi bersama.

“Ya, misalnya saja wabah PMK pada hewan ternak, memamg dikalangam lain itu dampaknya tidak terlalu berpengaruh. Tapi dikalangan pengusaha atau pemilik hewan, itu sangat berpengaruh dan berdampak. Disini cukup banyak dan ini menjadi perhatian oleh pemerintah. Ini harus dijaga, dan program-program pemerintah ini menjadi perhatian, itu yang jadi atensi bersama,” tukasnya.

AKBP Oskar juga mengungkapkan, jika semua program-program lainnya, terlebih terkait dengan Kamtibmas, dimana salah satunya untuk menjalin komunikasi dengan pihak desa, dan para tokoh, termasuk juga kepada tokoh ormas.

“Jadi semuanya saya ajak berkolaborasi menciptakan Kamtibmas, dengan tujuan agar Kota Batu lebih aman dan kondusif,” harap AKBP Oskar.

Sementara itu, H. Endro Wahyu Wijoyo, S.I.Kom selaku Ketua MPC Ormas PP Kota Batu mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas silaturahmi yang telah dilaksanakan Kapolres yang didampimgi beberapa perwira anggota Polres Batu tersebut.

“Silaturahmi seperti ini selalu bisa dilaksanakan dan juga bisa memberikan dampak positif terhadap kinerja Polri, Bravo untuk Polri,” tandas Abah Endro sapaan akrabnya. (Yan)

Share: