Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia mendapatkan perhatian serius oleh stake holder terkait. Pun tak terkecuali di Kota Malang sendiri untuk mengoptimalkan penanganan PMK pada hewan ternak, maka dibentuk Satgas PMK yang beranggotakan Personel Polresta Malang Kota, Kodim 0833, dan Dinas Ketahanan Pangan Pemkot Kota Malang.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Satgas PMK dalam hal ini Personel Polresta Malang Kota semakin meningkatkan kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh), kepada para pedagang hewan kurban yang ada di beberapa wilayah Kota Malang. Seperti yang dilaksanakan hari ini pada Kamis (7/7/2022) oleh Kanit Binmas Polsek Sukun, Polresta Malang Kota Ipda Dian Widhiastuti dan Aiptu Edy Suprapto selaku Bhabinkamtibmas Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Dalam kegiatannya, Ipda Dian dan Aiptu Edy menyambangi beberapa lapak pedagang hewan kurban yang menggelar dagangannya. Salah seorang penjual yang disambangi adalah Gunawan (47), yang merupakan pedagang hewan kurban yang berlokasi di Jalan Niaga, Kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kunjungan dalam rangka memberikan pembinaan dan penyuluhan, Kanit Binmas Polsek Sukun memberikan edukasi dan sosialisasi terkait PMK pada ternak, yaitu untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap PMK, menjaga kebersihan lapak dengan dekontaminasi lapak secara berkala, dan juga termasuk pemberian vaksin pada ternak apabila di perlukan.

“Sesuai arahan Bapak Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, melalui Kapolsek Sukun Kompol Nyoto Gelar, bahwa jelang perayaan hari raya Idul Adha tahun ini, kami semakin mengintensifkan pembinaan dan penyuluhan kepada para pedagang hewan kurban termasuk pemilik ternak di wilayah kami untuk semakin mewaspadai penyebaran PMK di Kota Malang,” jelas Ipda Dian.

Pihaknya juga berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Malang, untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi dan bantuan seputar penanganan PMK.

“Kami berharap masyarakat Kota Malang dapat merayakan Idul Adha dengan aman, lancar, tanpa kekhawatiran terkait PMK. Karena kita berikan pengawasan yang ketat terkait protokol penjualan hewan kurban, sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutup Kanit Binmas Polsek Sukun Ipda Dian. (And)

Share: