by

Antisipasi Penyebaran PMK, Polres Batu Masifkan Pos Penyekatan

MALANG NEWS – Kepolisian Resort Batu secara terus menerus dan berkesinambungan memasifkan Pos Penyekatan kendaraan yang mengangkut hewan ternak. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada sapi, kambing dan binatang ternak berkuku belah, Rabu (8/6/2022).

Pos penyekatan yang terletak di beberapa tempat perbatasan wilayah Kota Batu, tidak hanya diisi oleh anggota Polres Batu saja, melainkan juga ada dari beberapa instansi terkait serta potensi-potensi yang ada di masyarakat, sehingga diharapkan dengan bersinergi dengan dinas terkait bisa memaksimalkan hasil dari penyekatan tersebut.

“Di Pos-Pos penyekatan, kami bersinergi dengan dinas instansi terkait melakukan penyekatan hewan ternak, tujuannya untuk melakukan pengecekan kondisi hewan ternak baik yang akan melintas serta hewan ternak yang keluar maupun masuk di wilayah Kota Batu,” ujar Kapolres Batu AKBP l Nyoman Yogi Hermawan.

Menurutnya, penyekatan hewan ternak ini sendiri sengaja dilakukan di Pos-Pos penyekatan sebagai upaya untuk antisipasi penyebaran wabah PMK pada hewan ternak.

“Ya, sekaligus meminimalisir penularan kepada hewan ternak yang lainnya,” lanjut Alumni Akpol 2002 tersebut.

AKBP Yogi juga berpesan, agar para warga masyarakat maupun para peternak untuk selalu melaporkan ke dinas terkait jika menemukan gejala penyakit PMK, pada hewan ternaknya.

“Sehingga bisa sesegera mungkin ditangani dan diambil langkah-langkah penindakan maupun pencegahan,” pungkasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed