by

Penyekatan Lalu Lintas Hewan Ternak, AKP Indah: Kami Antisipasi Penyebaran Wabah PMK

MALANG NEWS – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak masih menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kota Batu, bersama jajaran Kepolisian khususnya di wilayah hukum Polres Batu.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Batu AKBP l Nyoman Yogi Hermawan, S.I.K., M.Si melalui Kasat Lantas AKP Indah Citra Fitriani, S.I.K saat melaksanakan apel penyekatan lalu lintas terhadap mobilitas hewan ternak di Pos Simpang 3 Pendem, pada Kamis (2/6/2022).

“Ini bagian salah satu antisipasi adalah dengan pembatasan atau memperketat masuknya hewan ternak di perbatasan Kota Batu, yakni di Pos Simpang 3 Pendem,” terang AKP Indah kepada awak media.

Pihaknya mengakui, jika sejauh ini di Kota Batu memang ada beberapa hewan ternak yang terindikasi penyakit PMK.

“Ya, namun sudah teratasi dan masih terkendali, makanya kita perketat lagi dengan salah satunya melaksanakan giat penyekatan,” tegasnya.

AKP Indah juga mengatakan, bahwa selain memperketat pembatasan hewan ternak di Pos Simpang 3 Pendem, penyekatan ini sengaja dilakukan, sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus PMK yang menyerang hewan ternak, jenis sapi, kambing, kerbau, kuda dan babi.

“Kita gelar penyekatan untuk mengatisipasi adanya pengiriman sapi keluar dan masuk dari Kota Batu. Selain melakukan pengawasan, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk sosialisasi dan imbauan kepada pelaku usaha hewan ternak, untuk bersama-sama mencegah penyebaran PMK,” pungkasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed