by

Wali Kota Batu Bersama Kepala BPN, Serahkan 250 Sertifikat PTSL Kepada Warga Desa Sidomulyo

MALANG NEWS – Sebanyak 250 warga masyarakat Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu menerima Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Sertifikat diserahkan langsung oleh Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si bersama Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu Ir. R Haris Suharto MM, di Balai Desa Sidomulyo, pada Senin (23/5/2022) siang.

PTSL merupakan program dari pemerintah yang dilakukan untuk memberikan jaminan kepastian hukum, dan hak atas suatu tanah milik masyarakat secara gratis. Tujuan PTSL adalah untuk memperkecil konflik dan sengketa tanah yang bisa terjadi di kemudian hari.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Batu Ir. R Haris Suharto, MM menjelaskan, bahwa PTSL di Kota Batu telah berjalan enam tahun dan telah menerbitkan lebih dari 45 ribu bidang sertifikat tanah.

“Untuk tahun 2022 telah diterima 3.000 pendaftaran PTSL, dan untuk tahun ini ada 3.000 data yang masuk, 2.000 data dari Sidomulyo dan 1.000 lagi dari Sumberejo. Saat ini prosesnya sudah mencapai 40 persen dan hari ini kita bagikan 250 sertifikat kepada warga masyarakt Sidomulyo,” katanya.

Haris Suharto menambahkan, bahwa hari ini sekaligus diserahkan juga Sertifikat Tanah Kas Desa kepada Desa Oro-oro Ombo dan Desa Beji. Untuk Oro-oro Ombo sendiri sebanyak 20 bidang dan Beji 10 bidang.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si memberikan apresiasi atas kerja keras Kantor Pertanahan Kota Batu.

“Dengan telah diserahkannya sertifikat kepada masyarakat, harapannya bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,” ujar Budhe sapaan akrabnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menambahkan, jika sertifikat adalah hal yang berharga dan memiliki nilai.

“Ya, untuk itu jadi simpan dan manfaatkan dengan sebaik mungkin. Sertifikat ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya bisa jadikan modal usaha,” pungkasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed