by

Tim Mabes Polri Berikan Pensatwil di Mapolres Batu, Juga Ingatkan Manajemen Media yang Baik

MALANG NEWS – Tim Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Markas Besar (Mabes) Polri yang dipimpin Kepala Bagian (Kabag) Pensatwil (Penerangan Kesatuan Kewilayahan) Mabes Polri, Kombes Pol Hendra Rochmawan bersama Kabag Renmin Divhumas Polri, Kombes Pol Drs. S. Erlangga, Kasubbag Penerangan Internal, AKBP Bronto Budiyono serta pendamping dari Bidhumas Polda Jatim, Kompol Jeni Al Jauza tiba di Mapolres Batu, pada Jum’at (20/5/2022).

Kedatangan Tim Ro Penerangan (Penmas) Divisi (Div) Humas Mabes Polri itu, disambut langsung oleh Wakapolres Batu, Kompol Iswahab bersama Pejabat Utama (PJU) Polres Batu dan peserta pengarahan dari tingkat Kasat sampai dengan Kapolsek.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Tim Divisi Humas Mabes Polri yang dipimpin Kabag Pensatwil Mabes Polri, Kombes Pol Hendra Rochmawan memberikan pengarahan, sekaligus pemahaman dan pendalaman terkait masalah Kehumasan kepada para PJU, Kapolsek jajaran dan para personel Polres Batu di ruang Rupatama, Mapolres Batu, Jalan AP lll Katjoeng Permadi, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Materi yang dipaparkan, terkait bagaimana melakukan manajemen media dengan baik dan benar. Media sosial yang pada saat sekarang ini banyak digemari oleh masyarakat, bahkan sudah bukan rahasia umum lagi bahwa di era modern sekarang ini, media sosial memiliki peranan yang sangat penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

“Bukan sekedar menjadi pengguna media sosial untuk kebutuhan dan keperluan pribadi, seperti membagikan kegiatan pribadi ke media sosial, masyarakat bahkan menjadikan media sosial menjadi gudang informasi,” katanya.

Dewasa ini, menurutnya media sosial seolah sudah sangat melekat dengan masyarakat di zaman yang sudah begitu berkembang pesat seperti sekarang ini.

“Ya, karena alasan terbesar masyarakat menganggap media sosial sebagai gudang informasi. Oleh sebab itu, perolehan informasi yang sangat mudah, bahkan boleh dikata “Dalam Genggaman”. Dengan bermodal gadget dan kuota atau wifi, maka internet akan terkoneksi, disaat yang bersamaan maka siapapun penggunanya bisa langsung mendapatkan informasi yang diinginkan,” paparnya.

Namun, pihaknya juga sangat menyayangkan bahwa, melihat perkembangan tersebut justru kemudian dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita ataupun informasi yang tidak benar atau HOAX.

Maka, hal tersebutlah yang mendorong Kombes Pol Hendra Rochmawan untuk kembali mengingatkan kepada seluruh personel Polres Batu dan jajaran, agar lebih selektif dan betul-betul berhati-hati dalam memilih dan memilah berita yang ada.

“Saya harap kita sebagai Polisi Zaman Now bisa lebih cerdas, memilih dan memilah informasi yang disajikan di media sosial. Disamping harus bisa melakukan manajemen media secara baik, juga harus memberikan pemahaman kepada masyarakat guna tidak mudah terpancing oleh berita-berita tidak benar atau HOAX”, tegasnya.

Diakhir pengarahannya, Kombes Pol Hendra Rochmawan juga menyampaikan, bahwa pencapaian Polres Batu dalam melakukan manajemen media masuk dalam kategori baik, bahkan seluruh Polres jajaran juga tidak lepas dari pantauan dari Divisi Humas Mabes Polri.

“Olehnya itu, apa yang saat ini sudah baik agar kiranya dipertahankan, bahkan bila perlu mungkin agar ditingkatkan lagi. Jadi, apa yang sudah dicapai oleh Polres Batu ini sudah baik, saya harap hal ini dapat dipertahankan, bahkan ke depannya untuk bisa ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed